Sukses

Yamaha Kolaborasi dengan Start Up Motor Listrik India, Ini yang Ditargetkan

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha Motor Co., Ltd menjalin kerja sama dengan World of River Limited, Inc. (River) yang merupakan startup yang menjual motor listrik di India. Pabrikan berlambang garpu tala itu melakukan investasi untuk pendanaan putaran Seri B River melalui penjatahan pihak ketiga.

Seperti kita tahu, India adalah salah satu pasar sepeda motor terbesar di dunia berkat populasinya dan lingkungan perkotaan yang padat. Kendaraan roda dua di sana adalah sebuah solusi transportasi untuk semua kalangan.

Dengan munculnya produk niremisi, semakin banyak orang yang beralih ke kendaraan listrik, sehingga melahirkan banyak pendatang baru dalam permainan sepeda motor listrik dan skuter.

Kehadiran River menjadi salah satu dari banyak perusahaan di India yang memiliki tujuan untuk menyempurnakan lingkungan lebih bersih. Mereka sudah mengembangkan, memproduksi, dan menjual skuter listrik sejak empat tahun lalu.

Dikenal sebagai merek yang menawarkan skuter listrik dengan berbagai keunggulan dalam hal kualitas dan desain. 

River merupakan perusahaan startup gabungan yang didirikan pada 17 Des 2020. Induknya bernama River Mobility Private Limited dengan kantor terdaftar di Bangalore, Karnataka, India.

Dalam rangka tren mobilitas berkelanjutan, pemerintah India mendukung gerakan menuju elektrifikasi sebagai bagian dari inisiatif diversifikasi energi.

Salah satu tujuannya untuk memerangi masalah lingkungan serta untuk mendorong manufaktur dalam negeri, dan pasar kendaraan listrik roda dua berkembang pesat.

Mengenai investasi Yamaha di River, hal ini sejalan tidak hanya dengan tujuan Yamaha untuk berekspansi ke mobilitas yang lebih ramah lingkungan, namun juga dengan dorongan India terhadap elektrifikasi, khususnya, memberikan insentif kepada perusahaan untuk produksi dalam negeri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertekad Kurangi Emisi CO2

Dalam keterangan resminya (6/2/2024), Yamaha Motor Group telah menetapkan tujuan untuk mengurangi emisi CO2 Scope 3 sebesar 90 persen pada 2050.

Ini merupakan sebuah tujuan yang cukup ambisius, namun tentu saja, inisiatif kecil akan menghasilkan perubahan besar seiring berjalannya waktu.

Saat ini, River memasarkan skuter listrik bernama Indie di India. Model yang diklaimnya sebagai “SUV Skuter”. Skuter ini menawarkan desain kokoh yang ditonjolkan oleh bodywork kotak dan ground clearance tinggi. Sama seperti mobil SUV yang kita kenal.

Indie juga sangat praktis, memiliki banyak ruang penyimpanan dengan ruang kargo 55 liter di bawah jok, serta gloves box di bagian depan untuk keperluan akses cepat.

Bahkan terdapat rak bagasi di sisi skuter, memungkinkan pengendara memasang tas sadel atau keranjang beban untuk penyimpanan lebih banyak.

Platform skuter ini menggunakan motor listrik 6.7 kW yang menghasilkan sekitar 9 Hp sehingga memberikan kecepatan tertinggi 56 mil per jam atau 90 kpj. Torsinya 26 Nm dan akselerasi dari 0-40 kpj dalam 3,7 detik.

Sedangkan untuk baterainya, ia menggunakan paket daya 4kWh yang menurut River menyediakan jangkauan pengisian daya hanya 75 mil atau 120 km.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini