Sukses

Menjajal BYD Atto 3 Jakarta-Bandung, Begini Rasanya

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Liputan6.com berkesempatan menjajal mobil listrik BYD Atto 3 atas ajakan PT BYD Motor Indonesia. Rute yang dipilih Jakarta-Bandung dengan jarak tempuh hampir 200 kilometer (km).

Saat masuk ke ruang kemudi, mobil listrik asal Tiongkok ini langsung menawarkan kenyamanan. Jok semibucket dengan busa empuk serta dilengkapi pengaturan elektrik, mampu memeluk tubuh dengan nyaman.

Ditambah dengan adanya fitur tilt & telescopic steering, mendapatkan posisi berkendara yang ideal semakin mudah didapat.

Saat melongok ke lingkar kemudi, modelnya sama persis dengan setir BYD Dolphin. Letak tombol dan fungsinya pun sama, hanya warna saja yang dibedakan. Pun demikian dengan model panel meter yang mungil, sama persis.

Tapi saat melihat layar head unit, kami cukup terkesan karena ukurannya yang besar, yakni 15,6 inci. Seperti halnya layar Dolphin, layar ini juga dapat dirotasi secara vertikal maupun horizontal.

Kami juga terkesan dengan model tuas transmisi yang sekilas seperti tuas dorong pesawat. Di bagian tengahnya terdapat tombol start-stop engine.

Di area tuas transmisi juga terdapat banyak tombol dengan fungsi yang berbeda-beda, mulai dari tombol parkir, pengaturan ac, pengaturan volume, mode berkendara, hingga tombol hazard.

Desain ventilasi AC-nya juga unik. Posisinya berada di pojok kanan-kiri dan di tengah, persis di bawah layar. Ukurannya cukup besar, sehingga semburan angin yang dingin begitu terasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Performa Buas

Untuk diketahui, unit yang kami gunakan merupakan varian tertinggi, yakni Superior yang menawarkan jangkauan hingga 480 km. Mobil ini menggunakan baterai LFP buatan BYD sendiri berkapasitas 60,48 kWh.

Model ini mengandalkan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor yang sanggup menyemburkan daya 204 PS dan torsi 310 Nm. Klaim akselerasinya 0-100 km/jam dalam 7,3 detik dan kecepatan puncak 160 km/jam.

Tenaga yang ditawarkan begitu instan dan tergolong galak. Kami pun sempat menjajalnya melewati tanjakan 'Spongebob' yang viral, hasilnya tanjakan panjang dengan sudut kemiringan yang aduhai itu mampu dilibas dengan mudah.

Seperti halnya Dolphin, Atto 3 juga dilengkapi mode berkendara, yakni Eco, Normal, dan Sport. Ketiganya menawarkan sensasi yang berbeda-beda.

Sistem keamanan BYD Atto 3 juga lengkap dan canggih, salah satunya adalah kamera 360 derajat yang dapat melihat ke semua sudut mobil.

Mobil ini juga memiliki fungsi radar di segala sisi dan BYD Intelligent system yang terdiri dari beberapa fitur ADAS, seperti intelligent driving, driving assistant, active safety, dan parking assistance.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini