Sukses

Toyota Rush Pamit dari Pasar Malaysia

Toyota Rush menghilang dari situs resmi Toyota Malaysia. Diduga kuat SUV 7-seater ini telah diskontinu untuk pasar Negeri Jiran.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Rush hilang dari situs resmi UMW Toyota Motor Toyota Malaysia. Diduga kuat SUV 7-seater ini telah diskontinu untuk pasar Negeri Jiran. 

Berarti Toyota Rush mengikuti langkah Honda Malaysia yang duluan menghentikan eksistensi BR-V. Bahkan generasi kedua tak sempat dijual. Kiprahnya dilanjutkan oleh Honda WR-V yang notabene versi pendeknya.

Apakah ini karena penjualan SUV 7-seater sekelas Low SUV kurang moncer di sana? Mungkin sekali. Tapi bagi konsumen Malaysia yang masih ingin Toyota Rush, bisa beralih ke saudara yaitu Perodua Aruz. Masih diproduksi dan dijual.

Atau apakah pertanda kemunculan generasi terbaru Rush? Bisa saja dan itu pastinya sedang dinanti konsumen Indonesia juga.

Karena generasi sekarang masih memakai basis Avanza-Xenia lawas berupa sasis unibody dan penggerak roda belakang (RWD). Sedangkan duo mobil sejuta umat itu sudah beralih ke sasis monokok berpenggerak roda depan (FWD).

Nah, generasi baru Toyota Rush tentu sebuah keniscayaan. Sebab basisnya sudah ada. Paling mungkin memakai DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang dipakai All New Avanza-Xenia, All New Vios dan Yaris Cross.

Mereka juga saling berbagi powertrain sama. Mesin 2NR-VE 4-silinder 1,5-liter yang dibuat melintang dipasangkan transmisi CVT maupun manual 5-speed. Paling masuk akal dibayangkan, anggap saja jadi versi 7-seater dari Yaris Cross.

Tapi sepertinya masih lama. Karena Daihatsu Terios baru saja disegarkan tahun lalu. Isu diskontinu sempat ramai ketika saudaranya diperbarui, sementara Rush tidak. Tapi hal itu ditampik pihak Toyota Astra Motor karena penjualannya masih sangat bagus. 

"Saya tidak membenarkan isu yang beredar. Rush masih dijual dan kami puas dengan tawaran yang kami berikan saat ini. Menurut saya, tidak ada masalah dengan perbedaan (produk Rush dan Terios), karena masing-masing punya strategi sendiri. Walau pabrik kita sama," bantah Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), (13/6/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spek Toyota Rush di Malaysia

Namun perubahan signifikan itu bisa mengubah total karakter berkendaranya. Model sekarang, ground clearance 220 mm, RWD dan sasis semi ladder-frame menghasilkan ketangguhan di jalan bergelombang, medan kasar, atau berlubang. Singkatnya, Rush memiliki kemampuan off-road ringan meski hanya 4x2. Seandainya itu semua berubah, tentu kemampuannya akan berkurang.

Rush ditawarkan di Malaysia dalam dua varian: G dan S. Dengan harga masing-masing RM93.000 (Rp310 jutaan) dan RM97.000 (Rp323 jutaan). Kedua trim ditenagai mesin 2NR-VE 1,5 liter natural aspirated yang menghasilkan tenaga maksimum 105 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 136 Nm di 4.200 rpm. Lalu dipadukan transmisi otomatis 4-percepatan konvensional yang menyalurkan tenaga ke roda belakang.

Perlengkapan standar Toyota Rush spek Malaysia meliputi. Lampu depan full-LED, lampu kabut, lampu sein LED, pelek 17 inci, sistem Smart entry and start, AC otomatis dengan blower belakang, layar infotainment 6,8 inci dengan USB, AUX, Bluetooth, mirroring USB, 6 speaker, 2 port pengisian USB, perekam video digital, monitor panorama, 6 SRS airbag, kontrol stabilitas, kontrol traksi, HSA, Blind Spot Warning dan sensor parkir.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini