Sukses

Kaleidoskop 2023: Honda Brio Jadi Mobil Paling Laris di Indonesia, Sigra dan Avanza Membuntuti

Penjualan mobil di Indonesia pada tahun ini, ternyata tidak sebagus pada periode 2022

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan mobil di Indonesia pada 2023, ternyata tidak sebagus pada periode 2022. Meskipun penjualan mobil pada November 2023 mengalami perbaikan, sebanyak 84.930 unit atau naik 5,7% dibanding bulan sebelumnya atau Oktober 2023, yang hanya 80.350 unit.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), secara akumulasi penjualan kendaraan roda empat di Tanah Air sepanjang Januari hingga November 2023, tercatat sebanyak 921.058 unit. Jumlah tersebut, masih lebih rendah 2,29 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, mencapai 942.686 unit.

Namun, sepanjang 2023, tercatat beberapa model yang memang masih cukup laris di pasaran. Sebut saja, Honda Brio, lalu Daihatsu Sigra dan juga Toyota Avanza. Berikut, deretan 6 mobil terlaris di Indonesia sepanjang 2023, dalam kaleidoskop 2023:

1. Honda Brio

Performa Honda Brio tetap baik pada tahun ini. Mobil perkotaan, yang turun di segmen LCGC dan non LCGC tersebut mampu menjadi tulang punggung bagi penjualan pabrikan berlambang huruf H tersebut.

Berdasarkan dara Gaikindo, penjualan Honda Brio, secara wholesales tercatat sebanyak 58.860 unit. Bahkan, pada awal 2023, atau Januari, pengiriman untuk model ini mampu tembus paling besar, sebanyak 7.327 unit.

Honda Brio bisa dibilang sebaga mobil perkotaan yang menawarkan tampilan sporty dan berjiwa muda. Sehingga peminatnya pun bisa dari berbagai kalangan.

Tipe pertama dari keluarga Honda Brio yaitu Honda Brio Satya. Salah satu tipe Honda Brio ini menjadi tipe Honda Brio yang paling ramah di kantong. Versi Honda Brio Satya, memiliki beberapa macam tipe yaitu tipe S, E, dan E CVT.

Tipe selanjutnya adalah tipe tertinggi Honda Brio. Tipe ini memiliki sematan nama RS di belakangnya. Tipe Honda Brio RS memang menjadi seri premium keluarga Honda Brio. Tidak hanya sekadar nama, sematan RS pada Honda Brio ini juga penanda berbagai fitur lengkap dibandingkan versi sebelumnya.

Dari jenis transmisi, pada Honda Brio RS disediakan dua macam pilihan, yaitu manual dan otomatis CVT. Berbciara mesin, Honda Brio dipersenjatai unit 1.2L i-VTEC 4 silinder yang bertenaga 90 PS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Daihatsu Sigra

Posisi kedua mobil terlaris di Indonesia sepanjang 2023, adalah Daiahtsu Sigra. Model LCGC tujuh penumpang dari jenama asal Jepang ini, mampu terkirim sebanyak 57.139 unit sepanjang Januari hingga November tahun ini.

Berbicara tampilan, Daihatsu Sigra tampil sporty dengan sentuhan kombinasi grill serta smoked LED berwarna gelap, ditambah dengan kaca spion samping berwarna hitam sesuai dengan tren saat ini.

Selain itu, Sigra tampil dinamis berkat desain baru velg berdiameter 14’ inch, ditambah dengan shark fin Antenna yang modern.

Bagian interior, suasana kabin Sigra memiliki nuansa sporty dengan sentuhan warna gelap pada area dashboard, headlining, sunvisor, assist grip, rear air circulator, dan frame lampu interior. Penyegaran juga terdapat di area tempat duduk dengan warna gelap yang semakin menambah kesan sporty sekaligus memberikan kemudahan dalam perawatan kebersihan.

Daihatsu Sigra tersedia dalam beberapa varian, serta 7 pilihan warna dengan 1 warna terbaru, yakni Scarlett Red Metallic.

Sebagai kendaraan LCGC yang hemat bahan bakar, ramah lingkungan, serta harga yang kompetitif di kelasnya, Sigra juga telah dibekali dengan sederet fitur keselamatan dan keamanan yang lengkap sejak awal diluncurkan, seperti Dual SRS Airbag, Front Seat Belt with Pretensioner Force Limiter, Front Corner Sensor, ABS (Antilock Brake System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution), serta Rear Parking Camera.

Kenyamanan berkendara juga semakin bertambah berkat 2-DIN touchscreen audio, serta electric retractable mirror pada beberapa varian.

Daihatsu Sigra masih menggunakan dua jenis mesin yang sama dengan model sebelumnya. Pertama, adalah unit berkode 3NR-VE yang mempunyai kapasitas sebesar 1.200 cc, 4 silinder, Dual VVT-i yang dapat mengeluarkan tenaga 87 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimum 108 Nm di putaran mesin 4.200 rpm.

Tenaga mesin tersebut disalurkan lewat dua pilihan transmisi, manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Mesin kedua berkode 1KR-VE dengan kapasitas 1.000 cc, 3 silinder. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 67 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 89 Nm di putaran 4.400 rpm.

3 dari 7 halaman

3. Toyota Avanza

Posisi selanjutnya, mobil sejuta umat Toyota Avanza berhasil mengamankan posisi tiga besar penjualan terlaris sepanjang 2023. Mobil kelurga bawah dari toyota ini, berhasil terjual sebanyak 56.442 unit.

All new Avanza kini mengadopsi platform Full Engine – Front Wheel Drive (FF) yang benar-benar baru, yang dikombinasikan New Comfortable Suspension dengan mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang serta karakteristik kecepatan spring rate dan damper memungkinkan Insinyur Toyota memiliki ruang untuk menciptakan mobil baru yang ditujukan untuk kenyamanan.

Alhasil, All New Avanza mampu memberikan stabilitas pengendalian serta kenyamanan berkendara yang prima yang diperkuat dengan dimensi bodi yang lebih lebar dan jarak sumbu roda yang lebih panjang.

Model ini ditawarkan dengan empat tipe yaitu 1.3 E M/T, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT, dan 1.5 G CVT TSS (Toyota Safety Sense). Model ini hadir dengan menawarkan dua mesin seri NR yang telah ditingkatkan untuk menghadapi platform FF baru.

Mesin 1NR-VE 1.329 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 12,4 Kgm, dan 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm.

4 dari 7 halaman

4. Toyota Kijang Innova

Di posisi keempat, ada Toyota Kijang Innova. Mobil yang kini sudah memiliki varian hybrid ini, mampu terjual sebanyak 55.900 unit. Berdasarkan variannya, versi Zenix mampu terjual sebanyak 24.250 unit.

Mengusung tagline Cross Into The New Energy, All New Toyota Kijang Innova Zenix menjajikan performa berkendara yang superior dengan mengadopsi platform dan mesin TNGA, serta teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5.

Kijang generasi ke-7 di Indonesia ini mencakup perubahan mendasar dan menyeluruh. Salah satunya adalah platform TNGA: GA-C dengan struktur monocoque yang menggantikan struktur ladder-on-frame.

Platform baru ini memungkinkan engineer Toyota untuk menyematkan berbagai teknologi advance terbaru kepada All New Kijang Innova Zenix seperti mesin 2.0L TNGA, generasi ke-5 Toyota Hybrid System, dan transmisi 10-Speed Direct Shift CVT untuk menghadirkan performa berkendara yang superior serta konsumsi bahan bakar yang lebih efisien di saat yang bersamaan.

Lebih dari itu, platform TNGA: GA-C ini juga memberikan ruang bagi engineer Toyota untuk meningkatkan rigiditas bodi, mengurangi berat mobil, serta mengurangi suara yang masuk ke dalam kabin mobil, dalam rangka meningkatkan kestabilan dan kenyamanan saat bermobilitas.

5 dari 7 halaman

5. Toyota Calya

Posisi kelima, ditempati oleh model LCGC tujuh penumpang Toyota, yaitu Calya. Mobil ini, mampu terjual sebanyak 41.683 unit.

Dari sisi eksterior, new Toyota Calya ini mengadopsi new front mid grille design, dengan aksen geometris dan berlapis krom yang menghadirkan kesan sporty dan elegan, diperkuat oleh new smoked LED headlamp yang membuat wajahnya tampak lebih atraktif.

Perawakan new Calya yang aerodinamis ditingkatkan oleh new designed 14 Inch alloy two tone machining berlabur krom yang sporty dan kokoh. new shark fin antenna menemani retractable outer mirror untuk menegaskan kesan modern dan berkelas dari mobil LCGC keluarga ini.

Masuk ke dalam mobil, atmosfer nyaman dan tenang didukung dengan new two-tone brown & black with new black headlining di sekujur interior. Paduan kelir cokelat dan hitam yang meningkatkan kesan prestige kembali diperlihatkan oleh new two-tone brown & black with new stitch design di seluruh jok mobil.

Penggunaan Advance Entertainment System bermodalkan head unit AVX dilengkapi Bluetooth Connection (E Type) atau Smartphone Mirroring Connection (G Type), memberikan kemudahan pairing ke gadget untuk mengakses fitur hiburan di mobil.

6 dari 7 halaman

6. Suzuki Carry

Di posisi keenam, bukan ditempati oleh mobil penumpang, tapi mobil komersial milik PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Carry. Mobil ini, mampu terjual sebanyak 38.265 unit sepanjang Januari hingga November 2023.

Mobil ini menjadi cukup laris di pasaran, karena mengalami beberapa penyegaran pada 2019 lalu. Paling signifikan, adalah dari sektor dapur pacu.

Kini model tersebut mengadopsi mesin i K15B-C berkapasitas 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 95,6 Tk dengan torsi puncak 135 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 5-percepatan manual.

Ruang kabin kini dapat diisi hingga 3 penumpang. Berkat perubahan penempatan tuas transmisi yang kini berpindah ke dashboard. Salah satu fitur yang cukup menambah rasa peace of mind adalah kehadiran Immobilizer yang mengurangi risiko pencurian mobil.

Fitur lainnya yang menunjang kenyamanan adalah AC dan power steering. Kedua fitur ini cukup penting bagi Anda yang akan menggunakannya sendiri.

 

 

 

 

7 dari 7 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.