Sukses

Tips Aman dan Nyaman Naik Bus Umum, Mencegah Kehilangan Barang Berharga

Bus merupakan transportasi umum yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh. Harganya yang terjangkau pun menjadi salah satu daya tarik dari bus.

Liputan6.com, Jakarta - Bus merupakan transportasi umum yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh. Harganya yang terjangkau pun menjadi salah satu daya tarik dari bus.

Siapa saja bisa menggunakan bus umum dengan mudah, bahkan orang-orang yang punya niat buruk pun bisa terlihat sebagai penumpang biasa.

Sehingga perlu perhatian ekstra terhadap barang bawaan agar tidak menjadi sasaran orang jahat. Berikut beberapa saran dan trik untuk memastikan keamanan barang bawaan Anda selama perjalanan dengan bus.

1. Bawa Barang Seperlunya

Saat melakukan perjalanan dengan bus, umumnya kita membawa sejumlah barang, termasuk oleh-oleh atau barang pribadi.

Namun, disarankan untuk membawa barang dalam jumlah yang sesuai dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan untuk setiap tiket bus.

Membawa barang secara berlebihan dapat menyulitkan tugas pengawasan dan berpotensi mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

2. Memilih Tempat Menyimpan Barang

Ketika membawa barang berharga yang kompak dan ringan, disarankan untuk selalu menjaga barang tersebut di bawah pengawasan pribadi, baik dengan memegangnya atau meletakkannya di bagasi atas.

Namun, jika barang yang dibawa tidak mencolok dan memiliki ukuran yang cukup besar, lebih baik dimasukkan ke dalam bagasi bagian bawah bus.

Meskipun demikian, tetap penting untuk tetap memperhatikan keamanan barang bawaan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tambahkan Perlindungan Ekstra

Agar memberikan tingkat keamanan yang lebih baik pada barang bawaan, disarankan untuk menggunakan gembok kecil dengan kombinasi kunci.

Untuk barang berukuran besar, sebaiknya digunakan koper guna menjaga keamanan isinya, mengingat risiko kerusakan yang mungkin terjadi jika menggunakan kardus.

Pemberian tag nama pada barang bawaan, baik di bagasi maupun di bagian atas kabin, juga merupakan langkah yang baik untuk mengurangi kemungkinan tertukarnya barang.

4. Selalu cek barang dan catat nomor bus

Penting untuk secara rutin memeriksa kembali barang bawaan sebelum naik ke bus, memastikan bahwa posisi barang sudah sesuai saat ditempatkan.

Saat bus berhenti selama istirahat, disarankan untuk melakukan pengecekan ulang, dan pastikan untuk memeriksa kembali barang saat turun agar menghindari kejadian tertukar atau hilang.

Selain itu, penting juga untuk mencatat nomor kondektur bus dan nomor lambung bus sebagai langkah preventif, sehingga memudahkan jika terjadi kejadian barang tertukar, rusak, atau hilang setelah perjalanan dengan bus.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini