Sukses

3 Penyebab Koil Mobil Rusak

Sebagai salah satu bagian dari sistem kerja pengapian mesin, termasuk dengan busi dan tensioner, koil memegang peranan penting.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu bagian dari sistem kerja pengapian mesin, termasuk dengan busi dan tensioner, koil memegang peranan penting. Kalaupun ada kerusakan koil, tidak hanya bisa disebabkan oleh satu hal saja, tapi ada beberapa faktor pendukung. 

Cara memperbaiki koil mobil yang rusak memang tidak mudah dan bisa berisiko. Untuk itu, perlu diketahui terlebih dahulu apa penyebab kerusakan, karena jika koil mobil sudah rusak, maka sistem pengapian mobil tidak mungkin bisa berjalan sempurna.

Berikut adalah beberapa penyebab mengapa koil mobil bisa rusak menurut Auto2000:

1. Koil Rusak Karena Panas

Koil yang ada di sistem kerja pengapian mesin akan sering terkena panas. Itu adalah suatu hal wajar. Namun ketika koil sudah terlalu sering terkena panas yang terlalu tinggi, maka tinggal menunggu waktu saja menjadi rusak. Bunga api tidak akan muncul dari busi atau koil menjadi mati saat mesin sudah panas. 

Kalau sudah begini, maka mau tidak mau Anda harus mengompres koil menggunakan lap basah. Cara ini bisa dibilang paling mudah untuk dilakukan serta terhitung sebagai penanganan sementara. Tapi setelah itu, sebaiknya segera cek mobil dengan melakukan servis.

2. Koil Mobil Rusak Karena Listrik Bocor

Di dalam koil terdapat aliran listrik yang memang merupakan hal wajar. Namun ketika terjadi kebocoran listrik, maka Anda harus mencari tahu dari mana sumbernya. Mobil bensin yang memiliki sistem karburator dengan kabel busi panjang bisa mengalami masalah ini. 

Kabel busi yang putus membuat api melompat dari koil menuju body koil. Mengapa bisa begitu? Alasan utamanya adalah listrik tegangan tinggi yang berasal dari koil mencari jalan singkat ke massa. 

Cara lain untuk memperbaiki masalah ini adalah menutup bagian yang bocor dengan melakukan isolasi menggunakan lem. Tentu lem ini harus yang kuat. Anda bisa pakai lem besi atau plastic steel. 

Dengan menggunakan lem tersebut, maka mampu menghalangi listrik tegangan tinggi melompat ke koil. Anda juga bisa mengganti koil atau kabel cup businya jika kerusakannya sudah terhitung parah. Pastikan cek busi mobil Anda terlebih dahulu dan pastikan tidak ada masalah dengan busi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Koil Mobil Rusak Karena Tidak Keluar Api di Busi

Koil yang rusak karena tidak ada percikan api di busi juga sering terjadi. Masalah ini disebabkan kontak penghubung antara kabel busi dengan koil memiliki kerak. Dengan kemunculan kerak ini, maka akan menghalangi aliran listrik koil menuju busi. Akhirnya bunga api tidak akan keluar pada busi. 

Kalau sudah begini, sebaiknya Anda segera mengganti koil segera. Apalagi jika kondisinya juga retak. Lebih baik hindari pemakaian koil yang sudah retak hingga tidak mampu bekerja dengan optimal. Daripada Anda mendapatkan masalah pada mobil saat sedang digunakan.

Sebagai salah satu dari sistem pengapian mesin mobil, jangan sampai masalah koil yang rusak dibiarkan begitu saja. Kita sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel, tapi jangan sampai salah pilih bengkel. Pilihlah bengkel resmi dengan pelayanan yang terpercaya.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.