Sukses

Sasis Bus Hino Diminati Perusahaan Otobus, Ini Buktinya

Banyak perusahaan otobus asal Pulau Jawa, Sulawesi dan Sumatera yang baru memperkenalkan armada terbaru mereka dengan menggunakan sasis bus Hino. Tercatat ada 24 perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak perusahaan otobus asal Pulau Jawa, Sulawesi dan Sumatera yang baru memperkenalkan armada terbaru mereka dengan menggunakan sasis bus Hino. Tercatat ada 24 perusahaan.

Mereka di antaranya PO 27 Trans, PO Akas Mila, PO Arimbi, PO Bagong Grup, PO Dali Prima, PO Efisiensi, PO Eka, PO Garuda, PO Gunung Harta, PO Harapan Jaya, PO Haryanto. Lanjut PO Jaya Utama, PO Juragan 99, PO KYM, PO Prima Jasa, PO Ramayana, PO Sinar Jaya, PO Subur Jaya, PO Tami Jaya, hingga PO Tunggal Jaya.

Untuk perusahaan bus asal Sulawesi ada PO Adhi Putra dan tidak ketinggalan perusahaan bus yang banyak melayani rute Trans Sumatra hingga ke Pulau Jawa, ada PO Transport Express di Sumatera Barat.

Kemudian PO Ranau Indah asal Sumatera Selatan, PO Putra Simas dari Bengkulu dan PO Vido Trans Nusa, Lampung.

Kebanyakan dari mereka menggunakan Hino Bus AK240, RK280, serta produk terbaru Euro 4, RM 280 yang gunakan space frame dan turut dilengkapi air suspension.

“Kami sangat senang melihat semakin banyaknya PO bus yang memilih sasis bus Hino. Terutama RM 280 untuk armada terbaru. Hal ini menunjukkan bahwa Hino terus dipercaya oleh pelanggan kami untuk memberikan produk maupun layanan terbaik sebagai armada terbaru guna menopang transportasi masyarakat,” ujar Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) - Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), dalam surel resmi (1/12/2023).

Bus Hino RM 280 mengantongi berbagai keunggulan seperti mesin J08E-WD 6 silinder dengan teknologi common rail. Tenaga puncak mencapai 285 PS dan torsi 85 kgm (833,5 Nm). Diklaim mampu memberikan performa tangguh nan efisien.

Kendaraan dipadankan dengan transmisi MX07 berikut 7 percepatan. Menurut mereka, kombinasi rasio gigi lebih optimal agar mendukung performa kecepatan tinggi serta efisiensi bahan bakar.

RM 280 turut dilengkapi dengan Wide Air Suspension supaya memberikan kenyamanan berkendara optimal. Serta sasis space frame yang mudah diaplikasikan di beragam model bodi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Aftersales

Amsal, bagasi bus bisa dibuat tembus dari kanan ke kiri, sehingga daya angkut lebih banyak. Untuk fitur keselamatan produk Hino ini turut dilengkapi dengan varian pengereman ABS.

“Sasis Hino RM 280, lebih nyaman dan memiliki ketahanan sama dengan sasis Eropa untuk melintasi jalur Sumatra. Selain itu, dengan jaringan Hino yang tersebar dari Utara hingga Selatan. Kami merasa terbantu karena servis dan suku cadang tersedia sepanjang jalur Sumatra hingga layanan purnajual bus Hino mudah di dapat,” tutur Ramaulina Saragih, pemilik PO Putra Simas Bengkulu.

Dari sisi layanan purnajual, Hino pun sangat siap untuk mendukung industri transportasi. Layanan aftersales diklaim memiliki biaya perawatan serta suku cadang ekonomis.

Ketersedian jaringan diler dari Aceh sampai Papua plus mekanik terlatih menambah ketenangan pelanggan.

“Dari data Gaikindo selama Januari – Oktober 2023 ini. Hino Bus menguasai 64 persen market share pasar bus di Indonesia. Hasil ini membuat kami bangga karena kami terus menjadi market leader di Tanah Air. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh customer yang telah memberikan kepercayaan kepada Hino. Yakni menjadi mitra terpercaya bagi industri transportasi antarkota antarpropinsi maupun pariwisata di sini,” pungkas Santiko.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.