Sukses

Musim Pancaroba Dimulai, Perhatikan Perawatan Eksterior Mobil Agar Tampilan Tetap Kinclong

Bagian eksterior menjadi bagian yang terpenting. Alasannya karena kebersihan pada bagian ini menjadi cermin dari pribadi pemilik kendaraan

Liputan6.com, Jakarta - Jelang akhir tahun, kondisi cuaca sering berubah dan tidak menentu. Kadang terik matahari menyengat, hingga mendung dan turun hujan. Hal tersebut, tentunya membuat pemilik mobil harus melakukan perawatan ekstra demi menjaga tampilan kendaraan kesayangan tetap kinclong.

Bagian eksterior menjadi bagian yang terpenting. Alasannya karena kebersihan pada bagian ini menjadi cermin dari pribadi pemilik kendaraan. Untuk itu menjaga dan merawat eksterior terbilang cukup penting dan tampil lebih personal.

Langkah awal bisa dilakukan pada bodi dan cat. Jangan biarkan air hujan meninggalkan noda. Segera bilas dan bersihkan setelah hujan. Poles bodi bisa melindungi cat mobil untuk kondisi panas dan hujan. Proses pemolesan bodi mobil juga baiknya tidak dilakukan pada cuaca panas ataupun terkena cahaya matahari langsung.

Pemolesan sederhana bisa dilakukan dengan pengaplikasian wax cair. Cara pengaplikasianya juga sangat mudah, cukup disemprotkan ke permukaan cat, kemudian dilap dengan rata menggunakan kain microfiber. Dengan mengaplikasikan Liquid Wax, juga memberikan hasil wetlook pada cat mobil sehingga tak hanya melindungi juga meningkatkan kilap cat mobil.

Selanjutnya bagian kaca yang paling rentan terkena jamur kaca. Untuk pembersihan jamur kaca yang simple dapat menggunakan sabun cair cuci piring. Tapi perlu diingat penggunaannya jangan sampai mengenai body kendaraan.

Hindari penggunaan sendiri obat jamur kaca yang beredar di luar, dikarenakan kadar kimia yang beragam pada setiap produknya jika digunakan dengan tidak tepat maka dapat menyebabkan kaca terbakar atau rusak.

Sementara untuk jenis komponen krom, cukup bersihkan pakai air dan dilap pakai kain lembut. Kalau noda masih membandel, bersihkan dengan lap microfiber dan bantuan wax atau kompon kering yang memiliki butiran halus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perawatan pelek

Selanjutnya untuk karet wiper sebaiknya dilap untuk hilangkan debu dan kotoran. Bila karet wiper telah getas atau rusak agar diganti baru. Tabung air wiper jangan lupa dicek, pastikan tabung wiper terisi air atau wiper fluid.

Sedangkan bagian velg, sebelum mencuci bagian velg, pastikan membersihkan bagian sepatbor terlebih dahulu. Gunakan shampo atau cairan khusus untuk velg. Siapkan spons yang memiliki tekstur halus agar tidak merusak permukaan velg. Gunakanlah sikat gigi atau kuas untuk menggapai daerah yang sulit dijangkau seperti pada velg jari-jari. Bila sudah bersih, keringkan dengan lap berbahan shammy atau chamois.

"Solusi lainnya, Anda bisa memberikan proteksi bagi kendaraan dengan melakukan Nano Ceramic Coating dari Scuto Indonesia. Selalu gunakan Liquid Wax secara teratur maka cat mobil akan selalu terlindungi dan akan meminimalisasi kotoran serta debu yang menempel," ujar Raymundus Arief, Chief Strategy Officer Scuto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.