Sukses

Jangan Salah Ganti Ban Motor, Kenali Tipe dan Jenisnya

Motor adalah kendaraan yang sangat umum digunakan oleh hampir semua orang. Jenisnya bervariasi, mulai dari motor sporty, standar, trail, hingga offroad. Itu sebabnya, jenis ban motor juga bisa berbeda-beda sesuai dengan karakteristik dan fungsinya.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor menjadi kendaraan yang sangat umum digunakan oleh hampir semua masyarakat Indonesia. Jenisnya bervariasi, mulai dari motor sporty, standar, trail, hingga offroad. Itu sebabnya, jenis ban motor juga bisa berbeda-beda sesuai dengan karakteristik dan fungsinya.

Memahami berbagai jenis ban tersebut sangat penting agar motor Anda bisa digunakan dengan nyaman. Karena itu dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai jenis ban untuk kendaraan roda dua beserta fungsinya.

Ban motor terdiri dari berbagai jenis yang berbeda karena karakteristik dan fungsionalitasnya juga harus disesuaikan dengan perbedaan spesifikasi kendaraan dan kondisi medan atau jalan yang beragam. 

Sebab, setiap jenis motor memiliki kebutuhan yang berbeda dalam hal daya cengkram, traksi, dan ketahanan ban. Sebagai contoh, motor sport yang didesain untuk kecepatan tinggi tentu memerlukan ban yang memiliki daya cengkram lebih kuat agar tidak mudah tergelincir.

Jadi, apa saja jenis ban yang tersedia dan bisa digunakan untuk motor Anda? Agar tidak salah pilih, Suzuki Indonesia memberikan cara membedakan tipe ban motor beserta fungsinya.

1. Ban Skuter

Sesuai namanya, ban skuter adalah jenis ban yang biasa digunakan pada motor skutik (matic) maupun motor bebek. Dalam dunia otomotif, tipe ini juga sering disebut sebagai ban bias, karena lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari di jalan raya.

Tipe ban skuter ini biasanya memiliki alur yang minim pada permukaannya. Alur ini memungkinkan ban tersebut untuk menjalankan fungsinya dengan baik saat digunakan di jalan raya yang rata untuk mobilitas sehari-hari.

Selain ini, ban ini umumnya memiliki daya cengkram yang memadai untuk menghadapi permukaan aspal yang kering. Meskipun demikian, ban skuter cenderung tidak cocok untuk penggunaan di medan yang berat atau kecepatan tinggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Ban Sport Touring

Bagi pemilik motor sport yang sering menempuh perjalanan jarak jauh, maka jenis ban motor sport touring adalah opsi terbaik. Sebab, daya cengkramnya dapat mendukung untuk kecepatan tinggi maupun ketahanan untuk perjalanan jarak jauh.

Jenis ini memiliki alur ban yang lebih sedikit dibandingkan dengan ban offroad atau balap, yang membuatnya lebih cocok untuk medan kering. Alur ban yang minim juga turut berkontribusi pada daya tahan ban.

Salah satu karakteristik utama lainnya adalah jenis ban ini lebih tahan panas dan tidak mudah aus, bahkan saat digunakan dalam kecepatan tinggi. Ini memungkinkan pengendara untuk melakukan perjalanan jarak jauh tanpa perlu khawatir.

3. Ban Dry Racing

Jenis ban motor selanjutnya adalah dry racing. Sesuai namanya, ini adalah jenis ban yang dirancang khusus untuk digunakan di arena balap pada kondisi jalan atau medan yang kering.

Jadi, ini adalah pilihan utama bagi para pembalap yang mencari performa maksimal untuk kendaraannya. Biasanya ban ini memiliki alur ban minimalis dengan permukaan halus untuk mengoptimalkan kontak dengan aspal.

Hal tersebut memungkinkan ban untuk menempuh jarak tertentu dengan kecepatan tinggi sekaligus minim gesekan. Namun, ada satu catatan penting yang harus diingat, yaitu ban ini tidak akan berfungsi dengan baik saat digunakan di jalan yang basah.

3 dari 3 halaman

4. Ban Wet Racing

Sebaliknya, tipe wet racing adalah jenis ban motor yang dirancang khusus untuk kondisi balapan di jalan basah atau saat hujan turun. Salah satu ciri khas utamanya yaitu memiliki alur yang lebih dalam.

Alur ini dirancang untuk mengatasi air pada permukaan jalan dan memungkinkan ban untuk mengevakuasi air dengan efisien saat digunakan dalam kondisi basah. Sehingga, cengkraman ban tetap terjaga demi keselamatan dan performa pembalap.

5. Ban Offroad

Terakhir, ada ban offroad yang dirancang khusus untuk penggunaan di medan yang kasar dan berat. Ini sangat cocok untuk motor offroad yang kerap menghadapi di medan yang berbatu, berlumpur, berpasir, atau berkerikil.

Salah satu ciri khas utama dari ban offroad adalah memiliki alur yang dalam dan desain tread yang istimewa. Alur yang dalam membantu memberikan cengkraman yang kuat dengan berbagai permukaan medan yang berbeda.

Selain itu, desain tread pada ban ini khusus dirancang untuk mengatasi tantangan sulit seperti batu-batu tajam, lumpur, atau pasir. Selain itu, ban offroad juga dibuat dari bahan karet yang lebih keras dibandingkan dengan tipe lainnya.

Karet yang keras memberikan ketahanan yang lebih baik terhadap aus dan kerusakan akibat gesekan dengan permukaan medan yang kasar. Ini membuat ban offroad jauh lebih tahan lama dalam penggunaan di medan yang sulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.