Sukses

Daftar Aksesori Mobil yang Sebaiknya Tidak Digunakan Sembarangan

Biasanya para pemilik kendaraan melakukan personalisasi pada kendaraannya dengan melakukan sedikit modifikasi. Modifikasi atau penambahan aksesori bisa memberikan dampak positif, misalnya menyematkan fungsi tambahan pada kendaraan kita.

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya para pemilik kendaraan melakukan personalisasi pada kendaraannya dengan melakukan sedikit modifikasi. Modifikasi atau penambahan aksesori bisa memberikan dampak positif, misalnya menyematkan fungsi tambahan pada kendaraan kita.

Banyak aksesoris yang diproduksi untuk bagian interior yang unik dan menarik untuk kita beli dan pasang di mobil kesayangan kita, namun ada kalanya aksesori yang kita pasang tersebut malah membahayakan kita dalam berkendara. PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan untuk tidak memasang 5 aksesoris berikut:

1. Pajangan Dashboard yang Berlebihan

Pajangan pada dashboard memang bisa memberikan sentuhan personalisasi. Akan tetapi sebaiknya tidak terlalu berlebihan dimana pajangan tersebut berpotensi mengganggu visibilitas hingga menjadi distraksi. Kemudian jangan tempatkan aksesori di dekat airbag karena berpotensi terpental ketika airbag meledak.

2. Forklift Grip

Forklift grip biasanya diletakkan pada setir untuk membantu pengemudi ketika parkir karena hanya perlu menggunakan satu tangan. Namun hal ini sebenarnya kurang aman. Ketika terjadi tabrakan, grip ini bisa menabrak Anda dan cukup menyakitkan. Kinerja airbag pengemudi juga bisa terganggu. Jika terpasang, sebaiknya juga tidak mengemudi dengan grip ini karena tidak memberikan daya cengkeram yang cukup.

3. Cover Setir Terlalu Tebal

Cover setir bisa saja membantu memberikan genggaman lebih ke tangan dan membantu melindungi setir dari kerusakan. Namun bila terlalu tebal, hal ini malah bisa berbahaya karena genggaman tangan ke setir menjadi terbatas. PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan gunakan model yang lebih tipis agar tidak mengganggu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Karpet Tambahan

Karpet tambahan sebenarnya sah-sah saja digunakan. Namun pastikan potongannya pas untuk mobil dan tidak terlalu tebal. Hal yang ditakuti ketika menggunakan karpet tambahan adalah karpet bergerak dan mengganggu fungsi pedal mobil, berpotensi membuat pedal gas atau rem nyangkut yang sangat berbahaya.

5. Lampu Berlebihan

Interior seringkali diberikan sentuhan pencahayaan sedikit. Tetapi sebaiknya tidak berlebihan, cahaya interior yang terlalu terang akan membantu pandangan ke luar terutama pada saat malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini