Sukses

Triumph Luncurkan Thruxton Edisi Final, Spek Maksimal Harganya Rp 283 Jutaan

Triumph Thruxton Final Edition 2025 memiliki dapur pacu dari motor Thruxton RS yang didukung mesin kembar paralel Bonneville 1.200cc.

Liputan6.com, Jakarta - Triumph secara resmi meluncurkan Triumph Thruxton Final Edition 2025 edisi terbatas. Namun, seperti yang sering dilakukan Triumph, mereka tidak menyebutkan berapa banyak motor ini yang akan diproduksi secara total.

Dikutip dari RideApart, Rabu (18/10/2023), Triumph Thruxton Final Edition 2025 memiliki dapur pacu dari motor Thruxton RS yang didukung mesin kembar paralel Bonneville 1.200cc. Mesin ini menghasilkan 104 hp dan torsi 112 Newton meter yang dikawinkan dengan gearbox enam percepatan.

Pada suspensi depan menggunakan Showa Big Piston upside down 43mm di depan, yang bisa diatur. Untuk bagian belakang, disematkan suspensi Öhlins dengan reservoir piggyback, sesuai dengan gaya garis Triumph Thruxton.

Sedangkan untuk rem, diberikan kaliper monoblok empat piston merk Brembo M50 yang dikawinkan dengan disc brake floating 310mm. Di bagian belakang, diberikan kaliper dua piston merk Nissin dengan cakram rem berukuran 220mm dengan pengereman ABS di kedua rodanya.

Salah satu ciri khas Triumph adalah gaya dan perhatiannya pada detail, dan pada Thruxton Final Edition menampilkan skema cat metalik Competition Green khusus, bersama dengan aksen hitam pilihan. 

Untuk tangki bahan bakar terdapat garis emas yang dilukis dengan tangan, seperti halnya sarung jok. Inisial nama sang seniman tersembunyi dengan rapi di dalam cat, sehingga motor ini menjadi sebuah karya seni yang ditandatangani.

Pada bagian logo, diberikan logo Triumph khusus telah dipilih pada tangki yang dilabur dengan warna emas. 

Triumph Thruxton Final Edition dijual dengan harga 17.995 dolar atau sekitar Rp 283 juta dan akan mulai dikirim ke konsumen pada akhir 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Triumph Ungkap Sosok Motor Trail Terbarunya

Setelah merilis sasis dan mesinnya, Triumph kini memberikan gambaran sekilas kepada publik tentang aksi motocross 4-tak 250 cc miliknya. Dalam video berdurasi 3 menit, Ricky Carmichael bergabung dengan crosser amatir Evan Ferry (putra legenda Tim Ferry).

Tak hanya Ricky dan Evan, banyak pembalap profesional terlibat dalam program pengujian motor trail baru Triumph. Dan sekarang mereka sudah mencapai tahap akhir pengembangan atau The Final Test.

Kedua rider tampak asyik mengitari lintasan tanah. Mereka bahkan sempat berbicara tentang sasis dan penanganan mesin dari pabrikan asal Inggris.

"Sangat seimbang, bagus cara menariknya keluar dari sudut, sangat gesit. Ketika Anda melihat sebuah garis, boom, Anda bisa melakukannya," kata Ricky Carmichael.

Sementara Ferry menunjukkan kegembiraan setelah motocross Triumph melewati trek dengan berbagai tantangan. "Mereka menemukan sesuatu yang istimewa pada bingkai itu. Saya rasa saya belum pernah merasakan hal seperti itu," kata Ferry.

Pada Juli 2023, pabrikan Hinckley memberi gambaran pertama tentang sasis baru yang digunakan untuk lini motocrossnya. Beberapa minggu kemudian, pada Agustus 2023, perusahaan dengan senang hati memamerkan desain mesin satu silinder barunya.

Dan terkait dengan video terakhir, ini memberi kita visual secara nyata betapa seriusnya Triumph membuat proyek ini.

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.