Sukses

Mercedes-Benz Resmi Luncurkan Truk Listrik eActros 600, Bisa Tempuh 500 Km Tanpa Isi Ulang

Mercedes-Benz Truck resmi menghadirkan truk listrik jarak jauh pertamannya, eActros 600

Liputan6.com, Jakarta - Mercedes-Benz Truck resmi menghadirkan truk listrik jarak jauh pertamannya, eActros 600. Peluncuran ini, dilakukan dalam acara di selatan Hamburg, Selasa (10/10/2023).

Truk ramah lingkungan ini memiliki kapasitas baterai yang tinggi, lebih dari 600 kilowatt jam, sehingga model ini dinamai 600. Poros penggerak listrik baru yang sangat efisien dikembangkan secara internal memungkinkan e-truck mencapai jarak tempuh 500 kilometer tanpa pengisian ulang.

Hal ini berarti eActros 600 akan mampu menempuh jarak lebih dari 1.000 kilometer per hari. Hal ini dimungkinkan dengan pengisian ulang selama waktu istirahat pengemudi - bahkan tanpa pengisian daya megawatt. Sekitar 60 persen perjalanan jarak jauh pelanggan Mercedes-Benz Trucks di Eropa masih di bawah 500 kilometer, sehingga infrastruktur pengisian daya di depo dan di titik bongkar muat sudah mencukupi untuk kasus-kasus tersebut.

Selain pengisian daya CCS hingga 400 kW, Mercedes-Benz eActros 600 nantinya akan dapat menggunakan pengisian daya Megawatt (MCS). Sejak awal penjualan, pelanggan akan dapat memesan pra-instalasi untuk ini.

Setelah teknologi MCS tersedia dan distandarisasi di semua produsen, maka MCS akan mungkin untuk dipasang pada model eActros 600 ini. Baterai dapat diisi dari 20 hingga 80 persen dalam waktu sekitar 30 menit di stasiun pengisian daya yang sesuai dengan output sekitar satu megawatt.

Kendaraan ini secara teknis dirancang untuk berat kombinasi kotor hingga 44 ton. Dengan semi-trailer standar, eActros 600 mampu memiliki muatan sekitar 22 ton di Uni-Eropa.

"Tidak seperti truk lainnya, eActros 600 mewakili transformasi transportasi angkutan barang di jalan raya menuju netralitas CO2," ujar Karin Rådström, CEO Mercedes-Benz Trucks, dalam keterangan resmi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Mercedes-Benz eActros 600

Mercedes-Benz eActros 600 memiliki tiga paket baterai masing-masing 207 kWh. Hal ini memberikan total kapasitas terpasang sebesar 621 kWh. Baterai didasarkan pada teknologi sel Lithium Iron Phosphate (LFP) dan ditandai dengan masa pakai yang lama.

Mercedes-Benz Trucks telah mengembangkan gandar listrik 800 volt baru dengan dua motor listrik dan transmisi empat kecepatan yang khusus untuk digunakan dalam pengangkutan jarak jauh.

Motor listrik menghasilkan output kontinu 400 kW dan output puncak 600 kW, sehingga dapat memastikan akselerasi yang kuat, kenyamanan berkendara yang tinggi, dan dinamika berkendara yang luar biasa. Tenaga mesin penuh tersedia hampir sepanjang waktu, dengan hampir tidak ada gangguan pada torsi.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini