Sukses

5 Tips Aman dan Nyaman saat Melewati Jalan Sempit Menggunakan Sepeda Motor

Sepeda motor menjadi alat transportasi yang cukup diandalkan, terlebih untuk melewati jalan sempit atau gang

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor menjadi alat transportasi yang cukup diandalkan, terlebih untuk melewati jalan sempit atau gang. Namun, ada yang perlu diperhatikan jika pemotor melewati jalanan yang tidak terlalu lebar, karena tingkat kesulitan yang cukup tinggi, dan harus lebih fokus dan berhati-hati.

Disitat dari laman Astra Motor, berikut beberapa tips saat berkendara di jalanan sempit:

1) Selalu Di Jalur Kiri

Usahakan posisi motor ketika berkendara di gang yang sempit berada di sisi kiri. Dengan memposisikan motor di jalur kiri, maka akan mempermudah pengendara sepeda motor lainnya yang melaju di jalan yang sama serta dari arah yang berlawanan.

Penggunaan jalur kiri adalah keputusan yang sangat bijak bagi para pengendara sepeda motor.

2) Perhatikan Jarak Kendaraan

Menjaga jarak ketika berkendara adalah hal yang penting bagi keselamatan pengendara maupun keselamatan para pengguna jalan lainnya. Berbagai bentuk jalan yang mengharuskan pengendaranya untuk menjaga jarak adalah jalan yang seperti turunan, tanjakan dan belokan.

Dengan selalu memperhatikan jarak berkendara maka akan membantu pengendara terhindar dari kecelakaan motor yang disebabkan oleh tabrakan.

3) Mendinginkan Sistem Pengereman

Apabila kendaraan berhadapan dengan jalanan yang sempit, tanjakan, turunan ada baiknya pengendara mendinginkan kendaraannya terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan dengan motor.

Berdasarkan beberapa kasus yang terjadi, apabila tidak mendinginkan sistem pengereman maka remnya dapat terbakar dan membuat fungsi pengereman menjadi terganggu serta membuat rem menjadi blong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4) Kontrol Kecepatan Berkendara

anyak hal-hal yang dapat terjadi apabila pengendara menghiraukan informasi yang satu ini. Mengontrol kecepatan adalah hal yang wajib dipatuhi oleh seluruh pengguna jalan khususnya yang melewati jalan sempit. Dengan mengontrol kecepatan, maka pengendara akan selalu aman melewati jalan yang sempit.

5) Hindari Jalan yang Sempit

Umumnya jalan yang sempit itu mendapatkan penerangan yang minim, sehingga jarak pandang pengendara pun menjadi terbatas. Maka dari itu pastikan kendaraan mempunyai lampu sepeda motor yang baik atau sesuai standarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini