Sukses

Belajar dari Tragedi Bayi Terlindas Pajero Sport di Makassar, Kenali Cara Meminimalisasir Blind Spot

Video yang berisikan bayi terlindas oleh mobil Mitsubishi Pajero Sport sebanyak dua kali di Makassar sedang viral di media sosial. Pengemudi SUV berukuran besar tersebut adalah seorang ibu-ibu.

Liputan6.com, Makassar - Video yang berisikan bayi terlindas oleh mobil Mitsubishi Pajero Sport sebanyak dua kali di Makassar sedang viral di media sosial. Pengemudi SUV berukuran besar tersebut adalah seorang ibu-ibu. 

Ibu-ibu tersebut diduga tak melihat adanya bayi di dekat mobilnya karena ukuran Pajero Sport tergolong tinggi dan besar. Dilansir kanal Regional Liputan6.com, bayi berusia 15 bulan tersebut selamat, namun kondisi kaki hingga paha memerah, memar, dan membengkak.

Belajar dari kejadian tersebut, seorang pengendara kendaraan bermotor harus memahami istilah blind spot atau titik buta. Dilansir laman resmi Suzuki Indonesia, blind spot setiap kendaraan tidaklah sama.

Beberapa faktor yang berpengaruh adalah jangkauan spion yang cukup terbatas, muatan yang dibawa menghalangi pandangan, dan desain kendaraan berbeda-beda.

Banyak produsen mobil ternama yang sudah menyematkan fitur untuk meminimalisir titik buta yang dialami oleh pengemudi.

Meskipun demikian, pengendara atau pengemudi juga harus tetap berhati-hati dan memperhatikan kondisi sekeliling saat mengendarai kendaraan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Meminimalisir Blind Spot

Setelah mengenal blindspot lebih jauh, Anda tentu penasaran dengan cara-cara yang bisa ditempuh untuk mengurangi titik buta saat berkendara.

Berikut tips atau cara yang bisa dilakukan guna menghindari atau mengurangi titik buta berkendara:

  1. Mengatur Kaca Spion Sebelum Berangkat
  2. Menambah bagian titik buta kaca
  3. Memberi Tanda atau Peringatan berupa lampu sein atau klakson
  4. Berada di Zona Terbuka atau Tidak berada di celah-celah antara satu kendaraan dengan kendaraan lain
  5. Perhatikan Kondisi Jalan
  6. Jangan Menyalip Melalui Sisi Kiri
  7. Mencondongkan Badan ke Kiri Saat Akan Berbelok ke Kanan
  8. Menggunakan Sensor Modern
  9. Memantau Menggunakan Kamera Video

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini