Sukses

Hanya Diberi Seribu Rupiah, Tukang Palak Emosi Lalu Nekat Memukul Truk

Aksi memaksa minta uang kepada sopir truk masih sering terjadi di Indonesia. Kejadian seperti ini sering viral di media sosial dan para netizen yang menyaksikannya ingin pelaku diberi pelajaran yang setimpal.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi memaksa minta uang kepada sopir truk masih sering terjadi di Indonesia. Kejadian seperti ini sering viral di media sosial dan para netizen yang menyaksikannya ingin pelaku diberi pelajaran yang setimpal.

Belakangan ini yang sedang viral adalah sopir truk memberi seribu rupiah kepada tukang palak. Pria yang meminta uang tersebut emosi dan berani memukul truk.

Video viral ini diunggah oleh akun Instagram @andreli_48 pada Minggu (3/9/2023). Berikut ini ulasannya.

Dalam video tersebut terlihat seorang sopir truk tengah diadang oleh pria paruh baya. Pria yang nekat menyetop truk tersebut meminta uang atau pungutan liar (pungli) ke sopir truk.

Pria yang menggunakan topi hitam itu menjelaskan sopir truk harus mengeluarkan dana Rp10 ribu karena truk tersebut adalah truk minimarket.

Sopir truk menyinggung hak pria tadi memintai duit. Sontak saja tukang palak malah semakin marah dan berkata dengan nada tinggi.

Ia terus ngotot sopir truk harus membayar sebesar Rp10 ribu. Sopir truk akhirnya mengalah dengan membayar uang yang diminta.

Meski telah diberi uang yang diminta, nyatanya pria pelaku pemalakan tersebut tetap saja marah-marah. Ia masih sempat memukul truk dengan cukup keras.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diamankan Polisi

Usai video kejadian ini viral, polisi pun bergerak cepat untuk menyelidikinya. Diketahui juga bahwa insiden pemalakan tersebut terjadi di Karawang, Jawa Barat.

Kini pelaku sudah diamankan oleh Polsek Klari. Hal ini sendiri terungkap dari postingan akun Instagram @humaspolsekklari pada Jumat (1/9/2023).

"STOP !!! Lakukan Pungli. Polsek Klari Polres Karawang Polda Jabar, Respon Dumas, Amankan Pria diduga Pelaku Pungli Terhadap Sopir Mobil Box yang Viral di Medsos," tulisnya.

Minta Maaf

Dalam video polisi menerima laporan dari netizen terkait insiden tersebut lewat pesan Whatsapp. Lantas polisi langsung menyelidiki dengan datang ke tempat kejadian.

Di sana polisi menemukan pelaku pungli, sejurus kemudian langsung digelandang ke kantor polisi. Akhirnya pelaku meminta maaf dan mengakui segala kesalahannya.

"Saya mohon maaf atas kekhilafan saya karena telah merugikan orang lain dan tak akan mengulanginya lagi," kata pelaku yang diketahui bekerja sebagai buruh.

3 dari 3 halaman

Komentar Netizen

Video yang memerlihatkan aksi pungli ini telah disukai lebih dari 700 kali dan mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang geram dengan pelaku tersebut.

"tanpa mengurasi rasa hormat saya kepada bapak🙏, klo nanti di tangkep satpol PP saya cuma mau bilang,,kapok🙏," tulis mezzbach

"Udah di angkut sama polsek klari karawang sudah membuat surat pernyataan," ungkap ekopipit_04

"protagonis = ngemis, antagonis = malak, mungkin si bapak cuma stuntman," komentar go_outkids

"Tandai aja bapak ini kalau beli barang apapun di indomart jangan diladeni usir aja," jelas h3r1.08

"Udah gak jaman lagi gaya2 preman pungli dsb. Selama ini pelaku pungli seolah2 dimaklumi oleh masyarakat, akibatnya tumbuh subur," tulis alvazones

Sumber: Otosia.com

Penulis: Ahmad Muzaki

Saksikan videonya di https://www.instagram.com/reel/CwteASJyCZN

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini