Sukses

Upaya Hino Indonesia Menghasilkan Sopir Truk dan Bus Berkompeten Demi Mengurangi Angka Kecelakaan

Hino Indonesia terus berupaya untuk menekan angka kecelakaan yang melibatkan pengemudi truk dan bus. Salah satunya dengan menggelar pelatihan kepada para sopir truk dan bus.

Liputan6.com, Jakarta - Hino Indonesia terus berupaya untuk menekan angka kecelakaan yang melibatkan pengemudi truk dan bus. Salah satunya dengan menggelar pelatihan kepada para sopir truk dan bus.

Melalui Hino Indonesia Academy, Hino menyelenggarakan Driving School yang dibuka untuk umum dengan menggunakan kartu prakerja. Driving School ini akan memberikan kemampuan berkendara yang komprehensif dan terlatih khususnya untuk kendaraan besar.

 

“Rencana menyelenggarakan Driving School ini sebenarnya sudah dimulai sejak 2021 lalu dan digelar di Hino Total Support Customer Center di Purwakarta, Jawa Barat. Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat menghasilkan driver yang terlatih, kompeten dan bersertifikat. Pasalnya saat ini, driver dengan kemampuan yang kompeten permintaannya cukup tinggi,” kata Pieter Andre, Hino Training & Network Development Division Head PT Hino Motors Sales Indonesia.

Lebih lanjut lagi, Pieter juga berharap ke depannya para peserta dari Driving School di Hino Indonesia Academy ini dapat disalurkan ke mitra-mitra perusahaan di seluruh Tanah Air.

Meski demikian, hal tersebut dapat dilakukan dengan support dari sejumlah pihak baik dari regulator atau pemerintah serta para pelaku industri terkait. Hal tersebut diungkapkan dalam kegiatan diskusi Pelatihan Mengemudi untuk Dukung Program Ekosistem Prakerja di GIIAS 2023.

Apalagi, program ini juga sudah didukung oleh pemerintah lewat kartu prakerja yang bertujuan untuk menyalurkan pekerja-pekerja dengan kemampuan yang cakap.

Di samping itu, Hino Indonesia juga menyatakan bahwa sejumlah perusahaan juga meninginkan driver-driver yang handal dan kompeten dalam mengendarai kendaraannya.

Hino Indonesia Academy sendiri merupakan lembaga yang didirikan oleh HMSI untuk memberikan pelatihan yang mendukung Program Ekosistem Prakerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cetak Pengemudi Terlatih

Langkah ini diambil untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor transportasi, serta berkontribusi dalam mengatasi masalah pengangguran dan mendukung transportasi yang lebih aman di masa depan.

“Lewat pelatihan ini, kami berharap dapat mencetak pengemudi yang terlatih dan dapat menekan angka kecelakaan di jalan raya dapat ditekan. Karena pengemudi ini adalah salah satu kunci untuk menghindari risiko di jalan raya selain kondisi kendaraan dan pemeliharan kendaraan secara rutin,” kata Santoko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) Director PT HMSI.

Selain pelatihan untuk pengemudi, Hino Indonesia Academy ini juga menghadirkan sejumlah pelatihan lainnya seperti pelatihan mekanik, manajerial dan operation untuk pengguna kendaraan besar.

Sampai tahun 2024, Hino Indonesia Academy memiliki target untuk melatih lebih dari 800 peserta dalam pelatihan mengemudi truk dan bus. Pelatihan ini juga telah didukung dengan fasilitas modern dan instruktur yang berkualitas tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini