Sukses

Guru-Guru Ini Rela Menjadi Petualang Lewati Hutan Gunakan Motor Trail Demi Mencerdaskan Bangsa

Perjuangan guru untuk mencerdaskan anak bangsa bisa dilihat dari berbagai aspek. Salah satunya adalah upaya seorang guru untuk pergi ke lokasi mengajar.

Liputan6.com, Jakarta - Perjuangan guru untuk mencerdaskan anak bangsa bisa dilihat dari berbagai aspek. Salah satunya adalah upaya seorang guru untuk pergi ke lokasi mengajar.

Tidak semua sekolah di Indonesia memiliki lokasi yang strategis dan mudah diakses. Masih ada sekolah yang memiliki lokasi terpencil, sehingga tidak mudah untuk mengaksesnya.

Kondisi ini bisa dilihat dari salah satu Sekolah Dasar (SD) di Jombang, Jawa Timur. Seorang guru pemilik akun TikTok @ratnawinarsih206 membagikan pengalaman seperti itu lewat video yang diunggah pada Minggu (13/8/2023). "Alhamdulilllah, perjalanan pulang sekolah. Guru sekolah terpencil," tulisnya.

Dalam video tersebut, terlihat pemilik akun bersama beberapa teman gurunya hendak pulang ke rumah usai mengajar.  Lokasi sekolahnya cukup terpencil, yaitu SDN Jipurapah 2, Plandaan, Jombang, Jawa Timur.

Para guru tersebut menggunakan motor trail untuk melewati jalan setapak yang dikelilingi oleh hutan. Kondisi jalannya terlihat ekstrem karena terjal dan dipenuhi bebatuan.

Para guru pun mengendarai motor trail dengan berhati-hati, apalagi melewati turunan. Bahkan salah satu dari mereka nyaris tergelincir hingga terjatuh ke tanah.

"Pelan pelan pak," kata pemilik akun kepada temannya.

Saat ketiga temannya sudah lewat, barulah pemilik akun berjalan menyusul mereka. Ia pun memperlihatkan kondisi jalannya, di sekitarnya cuma hutan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lewati Hutan

Lebih lanjut, pemilik akun menjelaskan bahwa kondisi jalan tak akan bisa dilewati saat hujan. Pasalnya kondisi jalan akan sangat licin dan membahayakan.

"Ini jalan yang harus kami tempuh, melewati hutan. Kalau hujan gak bisa dilalui karna kondisi tanah licin. Kalau panas gersang, kiri kanan hutan," katanya.

Ia pun turut menuturkan bahwa mereka harus berkendara sejauh belasan kilometer melewati hutan. Meski demikian mereka tetap bisa tersenyum lebar.

"Ini melewati hutan sepanjang 11 sampai 14 kilometer," jelasnya lagi.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 8 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang salut dengan perjualan para guru tersebut.

  • "bukan kalimantan bukan sulawesi. inilah jipurapah plandaan jombang jawa timur. semanggat buat guru guru disana," tulis Ceiche putra
  • "aku ke sana ngonthel . Perintis SDN Jipurapah 2 itu bapakku. dulu sering ikut, mlaku lewat gunung wedhok," jelas Bambang Siswanto
  • "ya Allah...., nggak kebayang kalau musim hujan🥺," komentar user7817091073970
  • "Guru2 yg didaerah pedalaman ini blm tentu sdh jd pns.. maturnuwun bpk Ibu pahlawan tanpa tanda jasa 🙏🏻🙏🏻," ungkap Wahyu77
  • "offroad tiap hari.... SEMANGAT BAPAK IBU GURU.... PAHLAWAN BANGSA🥰🥰," tulis Nur Fitriyah

Sumber: Otosia.com

Penulis: Ahmad Muzaki

Saksikan videonya di https://www.tiktok.com/@ratnawinarsih206/video/7267103950615203078

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini