Sukses

Swallow Luncurkan Ban Khusus Motor Listrik, Harga Mulai dari Rp 170 Ribuan

PT Industri Karet Deli (IKD) sebagai produsen ban merek Swallow merilis ban khusus motor listrik yang dinamakan Swallow Voltrax. Ban ini dirancang sesuai dengan kebutuhan kendaraan roda dua yang dikenal ramah lingkungan .

Liputan6.com, Jakarta - PT Industri Karet Deli (IKD) sebagai produsen ban merek Swallow merilis ban khusus motor listrik yang dinamakan Swallow Voltrax. Ban ini dirancang sesuai dengan kebutuhan kendaraan roda dua yang dikenal ramah lingkungan.

"Swallow Voltrax ini diharapkan dapat memberikan solusi kebutuhan akan ban yang memiliki performance, grip, dan durability yang lebih baik," terang Gunawan, Sales Domestik PT. IKD dalam keterangan resminya.

Dirinya juga menyampaikan, ban Swallow Voltrax ini diracik menggunakan material unggulan hasil campuran karet kualitas tinggi guna perkokoh struktur ban. Ban ini juga telah melalui sejumlah pengetesan, mulai dari kekuatan, performa, hingga responnya.

Lebih lanjut Gunawan menyatakan, perkembangan teknologi serta inovasi di IKD akan terus berlanjut guna mengembangkan ban yang lebih baik untuk kendaraan listrik.

"Dengan demikian, ban khusus untuk motor listrik akan terus menjadi area riset dan inovasi guna memenuhi kebutuhan kinerja dan efisiensi kendaraan listrik yang semakin meningkat," ujarnya.

Meskipun prinsip dasar fungsi ban pada motor listrik sama dengan motor konvensional namun terdapat beberapa tantangan khusus yang dihadapi motor listrik sehingga harus memiliki rancangan khusus.

Beberapa alasan tersebut antara lain adalah torsi yang lebih tinggi dan instan pada motor listrik dibandingkan motor dengan pembakaran internal sehingga ban harus mampu mengatasi torsi besar dengan cengkraman yang lebih kuat pada pemukaan jalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dirancang Khusus

Alasan lain adalah motor listrik memiliki berat baterai yang secara signifikan mempengaruhi distribusi berat kendaraaan sehingga membutuhkan ban khusus yang dirancang dapat menjaga kestabilan.

Ban motor listrik juga dirancang dapat membantu mengurangi rolling resistance atau hambatan gulir dan meningkatkan jarak tempuh kendaraan dengan meminimalkan kehilangan energi akibat gesekan ban.

Untuk diketahui, konstruksi Swallow Voltrax menggunakan polyester ply guna memberikan stabilitas dan kemampuan manuver ban yang lebih optimal, memungkinkan traksi lebih baik, membantu dalam menghasilkan energi regeneratif yang lebih efisien.

Swallow Voltrax sudah tersedia di pasaran baik di toko-toko maupun lapak online dengan kisaran harga Rp 179 ribu hingga Rp 344 ribu per ban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.