Sukses

Begini Cara Merawat Remote Smart Key Sepeda Motor

Sepeda motor yang beredar saat ini, sudah dilengkapi berbagai fitur dan teknologi modern, dan salah satunya smart key

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi berbagai fitur dan teknologi modern, dan salah satunya adalah smart key.

Sistem kunci canggih ini memiliki dua fungsi yaitu sebagai Answer Back System untuk mempermudah pengendara dalam mencari posisi motor di parkiran dalam radius 20 meter.

Selain itu, memiliki Immobilizer untuk meningkatkan keamanan sepeda motor saat di parkiran, karena motor hanya bisa menyala jika ada remote dalam radius 80 cm.

Remote adalah bagian penting dari smart key system, sehingga konsumen perlu memperhatikan beberapa poin dalam merawatnya.

Berikut tips perawatan remote Smart Key motor dari Yamaha:

1. Simpan remote smart key di tempat yang mudah ditemukan. Karena sebagian besar masalah kehilangan remote smart key disebabkan konsumen menaruhnya di tempat sembarangan.

Akibatnya, konsumen harus mengganti remote smart key dan nomor PIN remote smart key sebelumnya harus didaftarkan kembali.

2. Menyimpan dengan baik nomor PIN remote smart key. Jika konsumen tidak mengingat nomor PIN sebelumnya, maka harus mengganti satu set smart key system.

Penggantian satu set smart key system yaitu mengganti Smart Unit yang termasuk di dalamnya dengan remote, dan Starter Generator Control Unit (SGCU).

Dengan mengganti satu set smart key system, kunci yang lama diblokir sehingga jika remote dicuri maka motor pun tidak dapat digunakan.

3. Hindari remote smart key sering terjatuh atau terendam air karena bisa menyebabkan remote rusak

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips lain

4. Perhatikan kondisi baterai remote, biasanya sinyal remote akan terhubung dengan Smart Unit dalam jarak 80 cm.

Jika kondisi baterai sudah tidak bagus, tandanya jarak jangkuan remote smart key untuk menghidupkan motor jadi lebih pendek dari 80 cm.

5. Konsumen biasanya lupa cara menyalakan dan mematikan remote smart key. Untuk menyalakan dan mematikan tekan remote smart key selama 3 detik.

Jika lampu indikator remote smart key menyala dengan cepat berarti remote smart key on, sedangkan jika lampu indikator menyala dengan lambat berarti remote smart key off.

6. Jangan meletakkan remote smart key dekat dengan alat eletronik lain seperti televisi, handphone karena sinyal remote bisa terganggu.

7. Gunakan kunci emergency manual yang bisa digunakan untuk membuka bagasi motor jika remote smart key hilang dan konsumen ingin mengambil barang-barang yang ditaruh di bagasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.