Sukses

Ini Terobosan Layanan Berbasis Digital di Dunia Alat Berat

Anak usaha Indomobil Group, PT Indotruck Utama (ITU) meluncurkan inovasi terbarunya, yaitu Indotruck Command and Data Center (ICDC).

Liputan6.com, Jakarta Anak usaha Indomobil Group yang bergerak di bidang penjualan truk dan alat-alat berat, dan dipercaya menjadi partner dari merek-merek kelas dunia milik Volvo Group, yaitu PT Indotruck Utama (ITU) meluncurkan inovasi terbarunya. 

Tahun lalu, mereka memperkenalkan aplikasi ITU Connect yang menjadi sarana bagi para pelanggannya, untuk melakukan transaksi dengan ITU, sekaligus terhubung dengan truk dan alat berat mereka. Hari ini,  ITU kembali meluncurkan fasilitas berbasis teknologi digital yang canggih, yaitu Indotruck Command and Data Center (ICDC) yang berlokasi di lantai 7 Gedung Indomobil Tower, Jakarta.

ICDC merupakan fasilitas yang mengintegrasikan seluruh data operasional cabang dan alat berat terkait penjualan, purna jual, administrasi, monitoring unit break down, layanan purna jual dan administrasi, serta berbagai data-data lain yang akan menjadi dasar bagi perusahaan, untuk melakukan penanganan dan perbaikan. Selain itu, ICDC juga terintegrasi dengan layanan Call Center ITU di nomor hotline 150488 (150-ITU), guna memastikan setiap pertanyaan, masukan, dan keluhan pelanggan termonitor hingga penyelesaiannya.

 

Menariknya, fitur-fitur yang ada di ICDC tersebut koneksi ke truk dan alat berat milik pelanggan melalui jaringan seluler dan satelit. Tak hanya itu saja, ICDC juga terhubung dengan sistem ERP yang ada di ITU. 

Artinya, seluruh data tersebut dapat dikirim ke ICDC untuk dianalisis dan dibuat dalam berbagai laporan (dashboard), untuk selanjutnya memberikan rekomendasi ITU dan yang perlu ditindaklanjuti atau diperbaiki. Data yang disajikan berupa telematics berfokus pada uptime, efisiensi bahan bakar, perilaku keselamatan, kebiasaan pengemudi, dan status kendaraan termasuk posisi unit. Sementara untuk layanan purna jual, user dapat mengakses spare parts order tracking, mechanic dan service job tracking, pengiriman alat berat, hingga status penagihan (billing).

 

"Teknologi digital sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Perkembangan teknologi digital harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kinerja perusahaan, termasuk dalam upaya meningkatkan pelayanan dan kepuasan Pelanggan," ujar Bambang Prijono selaku Presiden Direktur PT Indotruck Utama.

Dalam peresmian ICDC, dihadiri para petinggi Volvo Trucks Corporation (VTC) dari Swedia, yaitu Roger Alm (EVP Volvo Group and President of Volvo Trucks), Per-Erik Lindstrom (SVP Volvo Trucks International) and Jonas Nilsson (Vice President Volvo Trucks Market India & Indonesia). 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini