Sukses

WRC Kenya Jadi Ajang Pengujian Toyota Hilux Hybrid Sebelum Meluncur di 2024

Kabar mengenai generasi terbaru Toyota Hilux yang bakal hadir dengan penambahan teknologi hybrid semakin santer. Dilansir dari Autocar India, mobil double cab ini bakal meluncur pada 2024 dan dibekali dengan spesifikasi yang mirip dengan Fortuner hybrid.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengenai generasi terbaru Toyota Hilux yang bakal hadir dengan penambahan teknologi hybrid semakin santer. Dilansir dari Autocar India, mobil double cabin ini bakal meluncur pada 2024 dan dibekali dengan spesifikasi yang mirip dengan Fortuner hybrid.

Menelisik spesifikasinya, Toyota Hilux Mild Hybrid Electric Vehicle (MHEV) dikabarkan bakal menggendong mesin 2.8 liter dan dikombinasikan melalui motor listrik 48V. Tidak disebutkan berapa besaran tenaga yang dihasilkan, namun berdasarkan spekulasinya tidak berbeda jauh dengan SUV Fortuner hybrid.

Kombinasi antara mesin konvensional dengan motor listrik tersebut nantinya akan menawarkan sistem transmisi otomatis enam percepatan.

Bahkan, dari informasi yang dirilis tersebut disebutkan bahwa penggunaan jantung mekanisnya ini lebih efisien dalam hal penggunaan bahan bakar sebesar 10 persen.

Namun, dengan penambahan teknologi hybrid tersebut tidak serta merta dapat menambah kemampuan off-road. Toyota telah mengeklaim bahwa penambahan motor listrik tersebut tidak akan berpengaruh pada kehebatannya dalam menapaki medan tanah.

Kehadiran mild hybrid tersebut nantinya akan dipasangkan di setiap varian, namun untuk pertama kalinya trim paling atas akan menjadi pilihan utama dari pabrikan.

Sebelum mobil tersebut dirilis secara resmi, pabrikan juga telah melakukan uji kemampuan di sela-sela putaran ketujuh gelaran World Rally Championship (WRC) di Kenya, di mana model ini dikemudikan oleh Juara WRC empat kali, yakni Juha Kankkunen dengan co-drivernya Jimmy Gathu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Negara Pertama yang Jual, SUV Baru Mitsubishi Paling Banyak Dites di Indonesia

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tengah bersiap melakukan peluncuran pertama di dunia SUV terbarunya. Mobil yang berdasarkan dari XFC Concept ini, akan resmi mengaspal di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Agustus mendatang.

Sebelum resmi diluncurkan, beberapa waktu lalu SUV terbaru dari pabrikan berlambang tiga berlian ini tertangkap kamera tengah diuji coba di jalan tol Indonesia, tepatnya di tol Cikampek, arah Jakarta.

Dijelaskan Intan Vidiasari, General Manager of Marketing Communication & PR Division PT MMKSI, bocoran foto dan video tersebut memang menjadi bukti jika SUV terbarunya ini sudah dilakukan pengetesan di berbagai kondisi jalan di Tanah Air.

"Yang jelas, Indonesia jadi negara pertama yang memasarkan mobil ini. Jadi, Indonesia merupakan negara yang paling banyak dicoba atau tes mobilnya," tegas Intan, saat ditemui di Kidzania, Jakarta, Selasa (27/6/2023).

Sementara itu, dalam tangkapan kamera tersebut terlihat bagian depan compact SUV itu mirip dengan Mitsubishi XFC Concept, seperti desain lampu depan dan grill-nya. Yang terlihat sedikit berbeda ada pada bagian bumper bagian bawah depan yang lebih ramping.

Sementara, pada bagian lampu belakang juga tampak memiliki kemiripan desain antara versi produksi dengan Mitsubishi XFC Concept.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.