Sukses

Mobil Listrik Karya Universitas Brawijaya Siap Berkompetisi di Kancah Internasional

Dalam ajang kompetisi Shell Eco-Marathon Asia Pacific and The Middle East 2023 yang digelar pada Juli 2023, tim mahasiswa Universitas Brawijaya telah mempersiapkan jagoan mobil listrik buatannya untuk diadu oleh peserta lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam ajang kompetisi Shell Eco-Marathon Asia Pacific and The Middle East 2023 yang digelar pada Juli 2023, tim mahasiswa Universitas Brawijaya telah mempersiapkan jagoan mobil listrik buatannya untuk diadu oleh peserta lainnya.

Tim Apatte 62 Universitas Brawijaya ini beranggotakan 17 mahasiswa yang masing-masing memiliki peran penting dalam pengembangan mobil listrik buatan mereka.

Kompetisi yang bakal digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, diharapkan bisa memiliki dampak yang positif untuk meningkatkan posisi Universitas Brawijaya di kancah dunia.

Menurut Dosen Pembimbing Tim Apatte 62, Waru Djurianto ST MT, melalui keikutsertaanya tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu alat untuk menguasai ilmu dan teknologi serta beberapa hal lain.

"Meraih juara memang penting, namun yang lebih penting adalah penguasaan ilmu dan teknologi, belajar berkolaborasi, serta pengalaman mengikuti kompetisi dengan mengambil pelajaran dari tim lain. Teruslah belajar untuk bekal masa depan," jelas Waru, dalam keterangannya.

Sementara itu, Muhammad Dilan Linoval, sebagai manajer tim mobil urban listrik, menjelaskan bahwa untuk berpartisipasi pada ajang Shell Eco-Marathon 2023 ini timnya telah melakukan berbagai persiapan yang matang agar semua berjalan dengan lancar.

"Kami banyak belajar dari proses, dan melakukan berbagai pebaikan. Kami harap bisa mencapai target yakni juara satu," jelasnya.

Kompetisi Shell Eco-marathon Asia 2023 kali ini juga akan menghadirkan berbagai rangkaian acara lainnya yang dapat dikunjungi oleh para peserta, seperti seminar Shell Mobility, Shell LiveWIRE, Shell NXplorers, Shell Indonesia Women’s Network, juga Paddock Tour yang akan melibatkan berbagai pihak termasuk pelajar, mitra bisnis, pemangku kepentingan dan pelaku industri lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mahasiswa UI Siap Adu Irit Mobil di Shell Eco-Marathon

Tim Nakoela dan Arjuna dari Universitas Indonesia (UI) siap mengikuti lomba Shell Eco-Marathon di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 4 hingga 9 Juli 2023. Dalam kompetisi adu irit ini, mobil karya para mahasiswa ini didukung dengan penggunaan ban IRC.

Lomba Shell Eco-marathon adalah lomba bergengsi yang diikuti oleh beberapa universitas di Indonesia, Malaysia, Singapura, China, Thailand dan lain-lain.

Ban IRC telah mendukung team Nakoela dan team Arjuna sejak 6 tahun lalu, di mana team ini meraih Juara 1 Lomba Shell Eco-marathon untuk kelas Urban Listrik dan Prototype Gasoline tahun lalu di Sirkuit Mandalika Lombok.

“Team Nakoela & team Arjuna sangat senang dan banyak dibantu melakukan riset oleh team IRC dan kami juga ikut mendukung penuh campaign pengurangan sampah plastik” ujar Ariza perwakilan dari team, disitat dari keterangan resmi, Rabu (21/6/2023).

Selain itu, ban IRC yang ikut mendukung karya para anak bangsa ini, juga sekaligus mengkampanyekan 'Peduli Bumi, Kurangi Plastik' sebagai bentuk dukungan pengurangan sampah plastik di Indonesia.

“Kegiatan ini sejalan dengan semangat pelestarian lingkungan hidup oleh ban IRC dan ban Zeneos yang semuanya tanpa pembungkus plastik" ujar Dodiyanto perwakilan dari PT. Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban IRC dan ban Zeneos.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini