Sukses

Penjualan United E-Motor di Jawa Timur Melesat Berkat Subsidi Pemerintah

PT Terang Dunia Internusa (TDI) sebagai agen pemegang merek United E-Motor di Indonesia menyebut penjualan produk motor listriknya mendapat respons positif di wilayah Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta - PT Terang Dunia Internusa (TDI) sebagai agen pemegang merek United E-Motor di Indonesia menyebut penjualan produk motor listriknya mendapat respons positif di wilayah Jawa Timur. Hal itu tak terlepas dari program subsidi motor listrik dari pemerintah sebesar Rp 7 juta per unit.

Direktur PT Integral Motor Indonesia - Authorized United E Motor Jawa Timur Christian Hartono menyampaikan, penjualan motor listrik United E-Motor di Jawa Timur mencapai 764 unit per Juni 2023.

"Per Juni 2023 sudah lebih dari 764 data yang statusnya sedang menunggu penerbitan STNK dan TNKB," terang Christian dalam keterangan resminya, Jumat (23/6/2023).

Lebih lanjut ia menyebutkan, informasi program subsidi motor listrik ini bisa dicek melalui situs sisapira.id. Ia juga mengklaim proses pengajuannya mudah.

"Prosesnya mudah, cukup datang ke dealer United. Kami akan bantu cek lolos tidaknya sesuai persyaratan pemerintah," kata Christian.

"Jika lolos, konsumen langsung berhak mendapatkan potongan Rp 7 juta baik dengan pembelian tunai maupun kredit," tambahnya.

Ia juga menerangkan, bahwa pengecekan hak subsidi pemerintah tersebut hanya bisa dilakukan oleh produsen motor listrik dan jaringan dealernya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Golongan Penerima Subsidi

Sementara itu, Direktur PT TDI Henry Mulyadi menyebut, golongan penerima subsidi motor listrik adalah pelaku UMKM, penerima kredit usaha rakyat, penerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau konsumen yang berlangganan listrik rumah 450 – 900 VA.

"Tentu kami menyambut positif program pemerintah ini. Namun, harapan kami ke depan pemerintah bisa memperluas persyaratannya, sehingga lebih banyak lagi konsumen yang berhak mendapatkan subsidi," jelasnya.

Menurutnya, peminat subsidi pemerintah tidak hanya banyak dari Jakarta, informasi dari jaringan distribusi seperti dari Semarang, Surabaya, Bali, dan Makassar menyebut bahwa masyarakat antusias mengecek nomor KTP (NIK) ke dealer karena tertarik dengan unit United T Series.

Sekadar informasi, motor listrik United E-Motor ditawarkan dalam beberapa tipe, yakni T-1800, TX1-1800, dan TX-3000. Seluruh model tersebut telah mengantongi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 56–57 persen dan termasuk produk yang mendapatkan subsidi pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini