Sukses

Setelah Yaris Cross, Toyota Indonesia Bakal Produksi Veloz Hybrid?

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memang sudah beberapa kali melempar kode terkait produksi dari Veloz hybrid ini

Liputan6.com, Jakarta - Wacana terkait kehadiran Toyota Veloz hybrid di Indonesia masih simpang-siur. Jenama asal Jepang tersebut belum bersedia untuk memberikan informasi detail terkait model ramah lingkungannya tersebut.

Meskipun begitu, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah beberapa kali melempar kode terkait produksi dari Veloz hybrid ini.

Dijelaskan Bob Azam, Direktur Operasional PT. TMMIN, memang setelah kehadiran Toyota Yaris Cross, teknologi hybrid sudah semakin dekat dengan segmen menengah ke bawah atau middle low segment.

"Dengan adanya Yaris Cross ini, hybrid mulai masuk ke segmen middle. Selama ini kan di segmen yang mewah terus," jelas Bob, saat ditemui di Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Lanjut Bob, teknologi hybrid ini, memang diharapkan bisa menjangkau di semua segmen. Pasalnya, dengan menggunakan perpaduan antara mesin bensin dan teknologi elektrifikasi ini, mampu menghasilkan emisi yang cukup rendah, serta konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

"Kita berharap mencapai semua segmen (hybrid), dengan cara itu, konsumen yang ada di middle low bisa menikmati insentif," tegasnya.

Sementara itu, sebelumnya, Bob juga menyampaikan, jika rencana perluasan model elektrifikasi di Tanah Air ini termasuk ke dalam investasi yang digelontorkan Toyota Motor Corp (TMC) sebesar Rp 27 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Investasi

"Kita kan ada 3 proyek (investasi RpRp 27 triliun) Veloz, kedua Kijang Innova Zenix, Dan ketiga model ini (Yaris Cross). Jadi sudah dua kali berturut-turut. Dua sudah kita hybrid-kan, itu saja," tukasnya.

Jika merujuk dari pernyataan Bob, masuk akal memang jika model hybrid selanjutnya dari Toyota adalah Veloz.

Bahkan, jika melihat mesin yang digunakan Yaris Cross adalah 2NR-VEX yang diadopsi dari 2NR-VE yang juga digunakan oleh Veloz maupun Avanza.

Selain itu, platformnya juga sama, yaitu menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA), baik untuk Yaris Cross maupun Veloz generasi baru saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini