Sukses

Mobil Sport GR Listrik Toyota Bakal Dibekali Transmisi Manual

Mimpi Toyota untuk menghadirkan mobil sport listrik dengan transmisi manual sebentar lagi akan terwujud. Hal ini diungkapkan langsung oleh petingginya, Akio Toyoda.

Liputan6.com, Jakarta - Mimpi Toyota untuk menghadirkan mobil sport listrik dengan transmisi manual sebentar lagi akan terwujud. Hal ini diungkapkan langsung oleh petingginya, Akio Toyoda.

Langkah ini sejatinya telah mereka tampilkan pada 2021, di mana saat itu mereka menampilkan prototipe mobil listrik Lexus yang telah dipersenjatai dengan transmisi manual.

Dikutip dari Carscoops, Akio Toyoda sendiri telah mengumumkan bahwa saat ini Gazoo Racing telah mengembangkan model GR electric yang dibekali transmisi manual dan ia sendiri yang akan mengendarai prototipe tersebut.

"Perbedaan terbesar dari BEV lain yang sedang kami kembangkan adalah ketika Anda berada di dalam GR BEV, Anda benar-benar dapat mendengar suara mesin, bahkan Anda tidak mencium bau bensin," jelas Akio Toyoda, dikutip dari laman tersebut.

Tentunya, dengan teknologi yang nanti bakal ia sematkan, akan membuat pengemudinya menjadi terkesima. Pasalnya, teknologi transmisi manual serta mobil listrik memang sesuatu yang belum bisa disatukan untuk saat ini.

"Ada juga transmisi manual dan juga kopling. Jika Anda memasukkan seseorang ke dalam mobil dan meminta mereka untuk mengemudikan dan menebak powertrainnya, mereka mungkin tidak dapat memberitahu Anda mobil apakah ini," tambahnya.

Meski demikian, saat ini belum ada informasi terkait mobil listrik mana yang akan mereka pasangkan transmisi manual. Dalam informasinya, mobil listrik tersebut akan berbentuk seperti layaknya EV pada umumnya.

Hal itu membuat spekulasi di mana banyak pihak melihat model yang paling memungkinkan adalah model GR Corolla dan bZ4X yang dihadirkan dalam model GR.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjualan Mobil Honda Selama Mei 2023 Ditopang Model SUV

Model baru yang telah diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor di mana didominasi oleh segmen SUV, berhasil memberikan penjualan yang impresif.

Pada Mei 2023, model-model SUV yang telah diperkenalkan tersebut mampu berkontribusi dengan menorehkan penjualan secara retail sebesar 56 persen atau sebanyak 6.385 unit.

 Sementara total penjualan mobil Honda secara retail pada Mei kemarin mencapai 11.391 unit atau mengalami peningkatan sebesar 38 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Adapun model SUV yang paling diminati dan berhasil memberikan kontribusi terbesarnya adalah Honda HR-V, di mana model ini mampu terjual sebanyak 2.375 unit, kemudian diikuti oleh Honda BR-V, yang terjual sebanyak 2.141 unit.

Sementara untuk model small SUV, yakni Honda WR-V, sepanjang Mei 2023, PT HPM mencatat penjualan sebesar 1.502 unit kemudian ditutup oleh model SUV CR-V, yang terjual sebanyak 367 unit.

Tidak hanya dari segmen SUV, salah satu penopang utama penjualan merek ini juga dikontribusikan oleh model New Honda Brio, di mana model baru yang diluncurkan pada Mei 2023 kemarin telah terjual sebanyak 4.481 unit.

Sementara untuk segmen hatchback, model yang menjadi andalan adalah Honda City Hatchback RS telah terjual sebanyak 233 unit, kemudian diikuti oleh Honda Mobilio sebanyak 168 unit.

Adapun model lainnya seperti Honda Civic RS, Honda City Sedan dan Honda Accord, masing-masing menorehkan penjualan 71 unit, 29 unit dan 24 unit.

Dengan perolehan tersebut, Yusak Billy, selaku Business Innovation and Marketing and Sales Director PT HPM, menjelaskan ini merupakan sebuah hal positif untuk terus dipertahankan pada bulan-bulan berikutnya.

“Hampir semua model Honda mengalami kenaikan pada penjualan Honda bulan Mei 2023 terutama model-model SUV. New Honda Brio menjadi penyumbang terbesar dari penjualan Honda walaupun belum satu bulan sejak diluncurkannya," katanya.

"Kami optimistis tren positif ini akan terus berlanjut pada bulan selanjutnya, terutama karena masih tingginya minat konsumen terhadap produk Honda serta program penjualan menarik yang kami adakan," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini