Sukses

Netizen Debat Hazelnut Sama dengan Kemiri, Ternyata Dulu Pernah Dianggap Jadi Alternatif Pengganti BBM

Sebuah unggahan video TikTok berisikan konten soal hazelnut sama dengan kemiri jadi pembicaraan netizen di Indonesia. Video tersebut menyebutkan bahwa hazelnut adalah kemiri. Unggahan video yang ditonton lebih dari 900 ribu kali itu viral di TikTok, lalu diunggah ulang oleh netizen di berbagai platform media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah unggahan video TikTok berisikan konten soal hazelnut sama dengan kemiri jadi pembicaraan netizen di Indonesia. Video tersebut menyebutkan bahwa hazelnut adalah kemiri.  Unggahan video yang ditonton lebih dari 900 ribu kali itu viral di TikTok, lalu diunggah ulang oleh netizen di berbagai platform media sosial.

Kemiri atau dalam bahasa Inggris-nya candlenut adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Diketahui, kemiri sendiri ternyata masih satu kerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae.

Sementara itu, hazelnut adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari pohon hazel (Corylus avellana). Mengutip WebMD, hazelnut kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal sehingga memiliki manfaat kesehatan untuk jantung. 

Kemiri sendiri rupanya pernah disebut-sebut sebagai alternatif pengganti BBM. Berdasarkan informasi dari esdm.go.id yang ditayangkan 29 Januari 2012 silam, kemiri sunan (Aleurites Trisperma) merupakan salah satu alternatif BBM dengan Bahan Bakar Nabati (BBN).

Kemiri sunan memiliki kandungan minyak nabati untuk keperluan bahan bakar biodiesel lebih bagus dan lebih ekonomis. Berdasarkan catatan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Aneka Tanaman Industri endosperma biji tanaman ini mengandung minyak yang dapat diproses menjadi minyak pengganti solar atau biodiesel dengan komposisi minyaknya terdiri atas asam palimitat 10 %, asam stearat 9 %, asam oleat 12 %, asam linoleat 19 %, dan asam a-elaeostearat 51 %. 

Dikutip dari laman menlhk.go.id, kemiri sunan (Reutealis Trisperma Blanco) adalah salah satu tanaman penghasil bahan bakar minyak nabati (biodiesel) yang non-edible. Kemiri Sunan tumbuh sangat baik di daerah lahan kritis sehingga tidak bersaing dengan tanaman penghasil pangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral Hazelnut Disebut Kemiri, Cek Nama Lain dan Manfaat Minyak Kemiri

Hazelnut dan kemiri adalah dua pangan berbeda. Berdasarkan penelusuran di mesin pencari Google, diketahui nama lain kemiri adalah candlenut. Sedangkan hazelnut adalah adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari pohon hazel (Corylus avellana). Mengutip WebMD, hazelnut kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal.

Hazelnut juga mengandung minyak, protein, serat, serta antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung. Karena rasanya yang gurih dan creamy, kacang hazelnut diketahui sebagai salah satu bahan selai cokelat.

Sementara itu, kemiri atau dalam bahasa Inggris disebut candlenut dijelaskan oleh kamus Merriam Webster sebagai biji berminyak dari pohon tropis Aleurites moluccana yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk membuat lilin dan sumber minyak.

Menurut Jasleen Kaur, seorang konselor diet, dan ahli gizi, Just Diet Clinics, “Pohon-pohon ini banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis di dunia, seperti Malaysia, Indonesia, Queensland, serta beberapa bagian Australia.”

Sebutan bagi kemiri cukup beragam. Ada yang menyebutnya dengan walnut India, candleberry, kukui, buah keras, Tung-nut, dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini