Sukses

Kaca Film Hitam Pekat Bukan Jaminan Bikin Mobil Adem, Ini yang Harus Diperhatikan

Bagi pemilik mobil, memilih kaca film berwarna hitam pekat dengan alasan lebih mampu menolak panas, dan bikin adem kabin kendaraan

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik mobil, memilih kaca film berwarna hitam pekat dengan alasan lebih mampu menolak panas, dan bikin adem kabin kendaraan. Namun, hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar.

Seperti yang dilakukan oleh merek kaca film asal Amerika Serikat, V-Kool yang bahkan banyak menghadirkan produk yang terlihat clear atau terang (intensitas kepekatan lebih sedikit), namun penolakan panasnya lebih bagus dari pada kaca film yang terlihat gelap.

Vice President Director PT V-KOOL Indo Lestari, Linda Widjaja mengatakan, banyak orang beranggapan bahwa semakin gelap tingkat kepekatan sebuah kaca film, maka semakin adem di dalam kabin karena penolakan panas dan sinar ultravioletnya jadi lebih besar, ya itu bukan hal yang istimewa.

"Tapi kalau kaca film yang terlihat clear (tingkat kepekatannya minim) namun penolak panas dan sinar ultra violetnya lebih baik dari versi yang lebih pekat, itu baru istimewa," ujar Linda Widjaja dalam keterangan resminya, Jumat (9/6/2023).

Di jajaran produk V-Kool yang dipasarkan di Indonesia pun, varian untuk clear ini cukup lengkap. Bahkan untuk tipe V-Kool Ultimate Solitaire dan Diamond Series adalah tipe tertinggi V-Kool, dengan teknologi tinggi multi-layer sputtered metal yang diperkuat dengan emas yang sangat baik dalam memantulkan panas.

Meski terlihat dari kabin mobil sangat terang, namun dari luar terlihat gelap dan bisa menambah privasi kabin. Hal ini yang kemudian menjadi keunggulan tersendiri kaca film yang pamornya tak pernah turun dari level tertinggi kaca film di Indonesia itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekomendasi OEM

Bahkan beberapa bengkel aksesori dan tempat pemasangan kaca film juga mengakui bahwa produk kaca film V-Kool punya keistimewaan penolakan panas dan sinar ultraviolet terbaik.

Di industri otomotif nasional, kaca film ini justru menjadi rekomendasi untuk kendaraan-kendaraan premium dan menjadi kaca film bawaan (OEM) untuk konsumen mereka. Jadi ketika membeli mobil-mobil premium itu, sudah dilindungi dengan kaca film terbaik sesuai dengan target pasarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini