Sukses

Waduh, Data Pelanggan Toyota Bocor

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak dua (2) juta lebih data pelanggan Toyota yang tersimpan melalui Toyota Connected Corporation lewat Cloud dikabarkan bocor dan dapat dilihat oleh semua orang.

Melansir informasi dari Carscoops, tidak hanya di Jepang saja data pelanggan Toyota yang bisa dilihat secara bebas. Namun, untuk negara lain seperti Asia dan Oceania, juga dapat dilihat secara gamblang oleh publik.

Meski tidak disebutkan berapa banyak data pelanggan yang bocor tersebut, namun informasi lain menyebutkan perusahaan telah menyebutkan bahwa ada sebanyak 2,15 juta pelanggan yang telah mengungkapkan data kendaraan mereka lewat layanan tersebut.

Adapun beberapa informasi yang dapat diakses ini meliputi alamat konsumen, nama, nomor telepon, alamat surel, ID pelanggan, nomor registrasi kendaraan, dan nomor identifikasi kendaraan.

Saat ini, melansir informasi Reuters, juru bicara Toyota mengonfirmasi bahwa produsen tengah menyelidiki masalah tersebut berdasarkan hukum dan peraturan di masing-masing negara.

Tidak hanya itu, selain data pelanggan Toyota, untuk konsumen Lexus juga dikabarkan bocor dan dapat dilihat secara bebas oleh publik. Sebanyak 260 ribu data pelanggan yang menggunakan layanan Lexus G-Link, bisa diakses oleh siapapun.

Dalam database tersebut, data yang dapat dilihat antara lain nomor identifikasi kendaraan, pembaruan data pada peta, serta pemetaan lainnya.

Secara internal, mereka menjelaskan bahwa kesalahan tersebut disebabkan oleh kurangnya sosialisasi dan penegakan penanganan data.

Sampai saat ini, Toyota mengatakan tidak menemukan bukti penggunaan informasi sekunder yang tersedia, serta mereka juga mengatakan tidak menemukan salinan informasi yang dibuat oleh pihak ketiga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

SUV Terbaru Chery Dibanderol Mulai dari Rp 320 Jutaan

Chery Automobile terus menggempur segmen SUV mewah dengan meluncurkan Tiggo 9 untuk pasar domestik Tiongkok. Pada saat peluncurannya tersebut, model ini dibanderol dengan harga mulai dari USD 21.500 atau setara dengan Rp 320 jutaan.

Kehadiran model anyar ini dibekali dengan dua pilihan 5 kursi atau 7 kursi yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan dari konsumen. Adapun lawan yang nantinya akan dihadapi adalah Geely Xingyue L, Hongqi HS5 dan GAC Trumpchi GS8.

Melihat dimensi yang ditawarkan, model ini hadir dengan desain yang lebih mewah dan lebih berwibawa bila dibandingkan dengan Tiggo 8. hal tersebut direfleksikan lewat penggunaan lampu depan yang sipit dan tajam di kedua sisinya.

Di atas kertas, Chery Tiggo 9 memiliki panjang 4.820 mm, lebar 1.930 mm dan tinggi 1.699 mm dengan wheelbase 2.820 mm. Chery juga turut memberikan tampilan premium di mana pada bagian pilar A, B, C dan D dibuat dengan gaya floating serta dikawinkan dengan elemen desain handle pop out yang membuat tampilan mobil ini menjadi lebih premium.

Di interiornya, dikutip dari Carnewschina, pabrikan telah menyematkan material sentuhan kayu untuk memberikan kesan mewah serta dikombinasikan dengan layar dual-curved LCD seluas 12,3 inci dan layar kontrol pusat dengan ukuran 12,3 inci. 

Fitur modern yang ditawarkan Chery kepada konsumen antara lain wireless charging, mode driving, heated steering wheel, head up display, audio system 12 speaker besutan Sony, serta teknologi driver fatigue monitoring yang berguna untuk membaca tingkat kelelahan pengemudi.

3 dari 3 halaman

infografis perfilman indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini