Sukses

Menikmati Buasnya Performa All New Honda Civic Type R di Sirkuit Mandalika

HPM juga memberikan kesempatan kepada jurnalis untuk mencicipi Honda Civic Type R sebanyak 1 putaran ditemani pace car Civic Type R generasi sebelumnya yang dikendarai oleh pembalap Alvin Bahar.

Liputan6.com, Mandalika - PT Honda Prospect Motor (HPM) membawa lini produk RS dan Civic Type R dalam acara Honda TrackFEST di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 30-31 Mei 2023.

Acara ini merupakan apresiasi dari Honda untuk konsumen pertama Honda Civic Type R dimana Honda memberikan kesempatan untuk para konsumen Honda Civic Type R untuk merasakan secara langsung performa mobilnya di Sirkuit Mandalika.

Selain itu, HPM juga memberikan kesempatan kepada jurnalis untuk mencicipi Honda Civic Type R sebanyak 1 putaran ditemani pace car Civic Type R generasi sebelumnya yang dikendarai oleh pembalap Alvin Bahar. 

Sebelum mencicipi Civic Type R, para jurnalis sebelumnya melakukan pemanasan dengan kegiatan-kegiatan menggunakan mobil Honda varian RS.

Uji pengendalian menggunakan WR-V RS, slalom di area parkiran dengan Honda Brio RS, Fun Drag Race memakai Civic RS, dan pengenalan sirkuit Mandalika sambil mengendarai City Hatchback RS.

Setelah melalui semua tahapan tersebut, acara puncak yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Yaitu memacu adrenalin bersama Civic Type R FL5 bermesin 2.0L VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal 319 PS dan torsi maksimum 420 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6-percepatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Honda Civic Type R Terkencang

Honda Civic Type R FL5 memecahkan rekor putaran tercepat untuk kategori mobil penggerak roda depan di sirkuit Internasional Suzuka, Jepang dan sirkuit Nurburgring, Jerman. Menariknya, Civic Type R FL5 mengalahkan catatan waktu yang dicapai oleh Civic Type R generasi sebelumnya. Ini menandakan Type R generasi terbaru memang lebih kencang.

Saat pengujian di sirkuit Mandalika, waktu yang diberikan sangatlah terbatas. Bahkan tak sampai 1 putaran utuh, karena dimulai dari keluar pitstop, memasuki sirkuit, dan berakhir juga di pitstop. Sehingga tidak ada kesempatan untuk menguji di lintasan lurus.

Meskipun demikian, Civic Type R tetap memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan serta memacu adrenalin pada setiap tikungan. Mesin turbonya selalu memberikan sentakan kencang setiap perpindahan gear.

Traksi pada setiap roda terasa melimpah, tak terasa gejala understeer saat melahap setiap tikungan Mandalika pada kecepatan 100 km per jam. Bucket seat berwarna merah terasa memeluk tubuh dengan erat, membuat rasa percaya diri meningkat ketika bermanuver dengan agresif.

All New Honda Civic Type R telah didukung sistem pengereman terdepan dengan 4-pot callipers dan Φ350mm large diameter 2-piece disc untuk memberikan daya henti yang kuat saat mobil melaju pada kecepatan tinggi.Terdapat pula sistem Rev Match Control dimana sistem ini membantu pengemudi “Like a Pro Racer” mempermudah teknik "Heel and Toe” dengan menaikan putaran mesin saat melakukan pengereman untuk memasuki tikungan, dan lebih cepat keluar tikungan.

3 dari 3 halaman

Dimensi kendaraan lebih lebar dan lebih rendah

Kestabilan All New Honda Civic Type R didukung dimensi kendaraan yang lebih lebar dan lebih rendah. Honda Civic Type R FL5 memiliki panjang 4.593 mm (meningkat 36 mm), lebar 1.890 mm (meningkat 13 mm) serta tinggi 1.407 mm (berkurang 14 mm). Desain aerodinamika dan Rear Wing Spoiler mendukung performa kendaraan untuk tetap stabil saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Raungan mesin turbo yang dipadukan dengan suara knalpot membuat saya betah berada di dalam kabin. Pengalaman mengendarai Civic Type R di Mandalika terasa istimewa. Selain mobilnya saat ini hanya ada belasan unit di Indonesia, pemandangan matahari terbenam menjadi penutup yang pas sebelum kembali ke pitstop yang menandakan berakhirnya sesi singkat mengendarai Civic Type R.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini