Sukses

Airbag Ada Kedaluwarsanya, Ini Hal-Hal yang Mesti Diperhatikan

Secara teknis sistem kerja airbag menggunakan inflator kimia dengan amonium nitrat sebagai pemicunya

Liputan6.com, Jakarta - Airbag menjadi salah satu fitur keselamatan yang sangat penting dari sebuah mobil. Berfungsi untuk meredam benturan kepada pengemudi atau penumpang saat terjadi kecelakaan, komponen ini memiliki sistem kerja yang cukup rumit.

Secara teknis sistem kerja airbag menggunakan inflator kimia dengan amonium nitrat sebagai pemicunya. Gas yang mudah dan sangat cepat menguap ini akan mengembang ketika menghasilkan panas akibat dipicu inflator. Hal itulah yang menyebabkan kantung udara mengembang secara otomatis.

Namun melihat sistem kerjanya yang andalkan gas sebagai pengembang kantung pengaman. Tak salah jika ada pertanyaan apakah airbag memiliki usia pakai atau masa kadaluwarsa?

“Kalau lihat regulasi yang ada di Peugeot, masa kadaluwarsa Airbag di semua varian Peugeot sekitar 10 tahunan. Meskipun jika lewat masa tersebut dan kondisi Airbag masih bagus, maka komponen ini tetap bisa berfungsi jika dibutuhkan,” terang Rafi’i Sinurat, kepala bengkel Astra Peugeot di Sunter, Jakarta Utara.

Lanjut Rafi’i, adanya masa expired atau umur pakai karena pengembang Airbag gunakan amonium nitrat sebagai pemicu meledaknya balon udara.

Sehingga seiring waktu berjalan bisa jadi kualitas gas akan berkurang kemampuannya. Meskipun fitur keselamatan ini didesain pabrikan tidak mudah rusak dan dapat digunakan dalam waktu lama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Faktanya

Namun faktanya seiring berjalannya waktu, amonium nitrat akan alami kerusakan. Terlebih jika ditempatkan di daerah beriklim tropis dan memiliki kelembaban tinggi seperti Indonesia, di mana zat ini akan lebih cepat rusak dibanding daerah beriklim dingin dan kering.

“Namun yang perlu diingat untuk pemilik mobil. Karena Airbag hanya sebagai fitur tambahan atau Supplemental Resistant System (SRS), sebaiknya jangan bergantung hanya pada peranti ini. Pengemudi dan penumpang tetap gunakan sabuk pengaman dan selalu berprinsip Safety Driving selama di perjalanan,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.