Sukses

Punya Fungsi Penting, Ban Sepeda Motor Juga Wajib Diperhatikan

Ban menjadi salah satu komponen sepeda motor yang memiliki fungsi sangat penting

Liputan6.com, Jakarta - Ban menjadi salah satu komponen sepeda motor yang memiliki fungsi sangat penting. Menjadi satu-satunya yang bersentuhan dengan jalanan, kulit bundar tentu saja menentukan tingkat kenyamanan dan keamanan dari roda dua kesayangan.

Dengan fungsi yang sangat penting tersebut, ban wajib mendapatkan perhatian ekstra dari pemilik kendaraan.

Disitat dari laman resmi Wahana Honda, selain memperhatikan kondisi visual ban, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah tekanan udara atau sering disebut tekanan angin. Jika tekanan anginnya kurang atau berlebih, akan memengaruhi performa motor secara keseluruhan.

Seiring waktu tekanan angin pada ban pasti berkurang, perubahan suhu dan bahkan bisa terjadi jika motor tidak digunakan dalam waktu lama.

Semua fungsi tersebut tidak akan optimal jika tekanan ban tidak sesuai dengan standar. Sebagai contoh, jika tekanan ban terlalu tinggi dapat menurunkan daya cengkram ban ke jalan (luas bidang ban yang bersentuhan ke jalan lebih kecil), keausan ban tidak rata.

Pada bagian tengah habis sebelum waktunya, Menurunkan daya serap guncangan dari permukaan jalan (menurunkan tingkat kenyamanan dan keamanan berkendara). Jika ban motor sudah masuk usia pakai, akan mempercepat keretakan atau pecah-pecah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekanan angin ban

Saat tekanan ban terlalu kecil, akibatnya Menurunkan handling sepeda motor atau menurunkan kemampuan mengendalikan atau stabilitas kemudi saat bermanuver, Luas bidang ban yang bersentuhan ke jalan lebih banyak sehingga menurunkan kemudahan ban untuk menggelinding (terasa berat saat akselerasi), Potensi pelek motor menerima benturan dari permukaan jalan lebih besar, dalam kondisi extreme pelek motor dapat berubah bentuk jika menerima benturan berlebih dari jalan.

Tekanan angin ban sesuai standar akan membuat ban lebih awet dan sepeda motor akan terasa nyaman digunakan. Karena itu, lakukan pemeriksaan dan penyetelan tekanan ban secara rutin sesuai standar.

Untuk mengetahui standar tekanan angin yang dianjurkan, pengendara bisa melihat di stiker yang tertempel pada sepeda motor. Gantilah ban sepeda motor jika kondisinya sudah mulai aus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini