Sukses

Kenali 3 Masalah yang Bisa Melanda Kunci Kontak Sepeda Motor Anda

Salah satu komponen pada sepeda motor yang jarang mendapatkan perawatan adalah kunci kontak. Padahal bagian ini harus selalu dalam kondisi baik agar bisa bekerja optimal. Kunci kontak bermasalah dapat dipastikan akan menghambat aktivitas berkendara.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu komponen pada sepeda motor yang jarang mendapatkan perawatan adalah kunci kontak. Padahal bagian ini harus selalu dalam kondisi baik agar bisa bekerja optimal. Kunci kontak bermasalah dapat dipastikan akan menghambat aktivitas berkendara.

Permasalahan yang ditimbulkan kunci kontak sepeda motor bukan sekedar sulit menyalakan motor, tetapi berpengaruh terhadap kelistrikan motor saat sedang digunakan.

Menurut Ade Rohman. Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, ada masalah umum yang sering terjadi pada kunci kontak sepeda motor, sehingga perlu diketahui penggunanya.

Adapun beberapa masalah yang sering terjadi pada kunci kontak adalah sebagai berkut:

1. Kunci Kontak Terjebak

Masalah lain yang sering terjadi pada kunci kontak adalah terjebak di dalam lubang kunci. Hal ini biasanya disebabkan oleh kunci yang aus atau terlalu sering dipakai.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba memutar kunci dengan hati-hati sambil sedikit menariknya.

Namun, jika kunci benar-benar terjebak, sebaiknya bawa sepeda motor Anda ke bengkel terdekat untuk memperbaikinya.

2. Kunci Kontak Sulit Diputar

Salah satu masalah umum yang sering terjadi pada kunci kontak sepeda motor adalah sulit diputar. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kunci yang aus atau terlalu kotor.

Untuk mengatasinya, pertama-tama bersihkan kunci menggunakan lap bersih dan coba lagi untuk memutar kunci.

Jika masih sulit, pemilik motor dapat menggunakan pelumas pada kunci untuk memudahkan putaran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kunci kontak patah dan Terlepas

Kunci kontak sepeda motor juga dapat patah jika terlalu sering dipakai atau tidak dirawat dengan baik. Jika kunci patah, Anda tidak dapat menyalakan motor dengan kunci tersebut dan perlu menggantinya dengan kunci baru.

Untuk mencegah kunci kontak patah, pastikan untuk merawat kunci secara teratur dengan membersihkannya dan melumasi bagian dalamnya.

Masalah terakhir yang sering terjadi pada kunci kontak sepeda motor adalah terlepas dari lubang kunci. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kunci yang aus atau terlalu longgar.

“Untuk mengatasi masalah ini, pastikan kunci selalu dalam kondisi baik dan pas di dalam lubang kunci. Jika kunci terlepas, segera matikan mesin dan bawa sepeda motor ke bengkel terdekat untuk memperbaikinya,” tutup Ade Rohman.

Sumber: Otosia.com

Penulis:Nazarudin Ray

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.