Sukses

Toyota Indonesia Recall Voxy Gara-Gara Masalah Sistem Rem Parkir Elektrik

Kampanye penarikan kembali untuk diperbaiki alias recall kembali dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Kali ini, pabrikan asal Jepang tersebut harus melakukan perbaikan untuk model MPV Voxy tahun produksi Oktober 2021 – Juli 2022

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye penarikan kembali untuk diperbaiki atau recall kembali dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Kali ini, pabrikan asal Jepang tersebut harus melakukan perbaikan untuk model MPV Voxy tahun produksi Oktober 2021-Juli 2022.

"Sejalan dengan inisiatif global dari prinsipal kami di Toyota Motor Corporation (TMC), kami menginformasikan dan sangat menghimbau bagi para pemilik kendaraan Toyota Voxy tahun produksi Oktober 2021-Juli 2022 agar dapat segera mengecek kendaraannya apakah termasuk dalam daftar unit yang terkena recall di jaringan dealer resmi Toyota," ujar Vice Presiden Director PT TAM, dalam keterangan resminya, Selasa (2/5/2023).

Pemilik Toyota Voxy dengan tanggal produksi mulai dari Oktober 2021-Juli 2022 disarankan untuk menghubungi Toyota atau datang ke jaringan dealer Toyota terdekat agar dilakukan pengecekan pada sistem Skid Control ECU.

Hal ini dilakukan karena adanya potensi malfungsi yang dapat mempengaruhi mekanisme kinerja Electronic Parking Brake (EPB).

Proses re-programming untuk memperbarui sistem dan mengatasi potensi malfungsi akan dilakukan oleh teknisi ahli sehingga tidak akan berpengaruh pada fitur-fitur lain pada mobil.

Secara keseluruhan, proses pengecekan hingga pengerjaan ini hanya berlangsung sekitar 1-1,5 jam tanpa perlu adanya penggantian parts yang dilakukan.

Aktivitas recall yang meliputi proses pengecekan dan re-programming ini bisa dengan mudah dilakukan oleh pelanggan di dealer resmi Toyota secara gratis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesaing Toyota Alphard Hybrid dari Tiongkok Siap Panaskan Persaingan

Incar segmen MPV premium, pabrikan otomotif Tiongkok, GAC, resmi merilis model Trumpchi E9 hybrid. Model yang memiliki wajah mirip Toyota Voxy ini, siap menantang kedigdayaan Toyota Alphard Hybrid yang sudah melenggang terlebih dahulu ke pasar otomotif.

Desain depannya yang mirip dengan Toyota Voxy ini terlihat dari penyematan grill dan beberapa aksen, termasuk pada penggunaan lampu utama yang berdesain sipit.

Meski demikian, secara spesifikasi, GAC Trumpchi E9 justru akan beradu pasar dengan kakak Toyota Voxy, yakni Toyota Alphard Hybrid. Dari sisi dimensinya, Trumpchi E9 memiliiki panjang 5.212 mm, lebar 1.893 mm dan tinggi 1.823 mm serta wheelbase 3.070 mm. Bila dibandingkan dengan Toyota Alphard, dimensinya lebih panjang karena MPV premium andalan Toyota ini hanya dibekali 4.945 mm.

Tampilan luarnya juga lebih menggoda dengan desain premium dan menampilkan efek floating pada bagian pilar B, C dan D. Hal ini menambah kesan mewah serta menyatu ke bagian belakangnya yang terintegrasi dengan tail lamp berdesain lurus di kedua sisinya.

Mengintip spesifikasi yang disematkan pada model anyar ini, dilansir dari Carnewschina, GAC Trumpchi E9 dipersenjatai dengan mesin konvensional 2.0TM di mana jeroan tersebut dikembangkan secara mandiri oleh GAC. Namun mengenai spesifikasi lebih lanjut dari penggunaan jantung mekanis itu sendiri, masih belum dirilis secara resmi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.