Sukses

Sempat Bikin Heboh, Pengemis Tajir di Bogor Punya Tabungan Setara Harga Mobil Mewah Mercedes Benz

Pengemis pinggir jalan merupakan pemandangan yang sudah tidak asing lagi di Tanah Air. Namun, tidak semua pengemis memiliki keadaan ekonomi yang buruk. Mungkin sudah jadi rahasia umum kalau memang ada pengemis di luar sana yang dapat meraup penghasilan jauh di atas Upah Minimum Regional (UMR).

Liputan6.com, Jakarta - Pengemis pinggir jalan merupakan pemandangan yang sudah tidak asing lagi di Tanah Air. Setiap harinya pengemis-pengemis ini berusaha untuk hidup dari belas kasihan orang lain.

Namun, tidak semua pengemis memiliki keadaan ekonomi yang buruk. Mungkin sudah jadi rahasia umum kalau memang ada pengemis di luar sana yang dapat meraup penghasilan jauh di atas Upah Minimum Regional (UMR).

Hasil mengemis mereka selama berjam-jam mampu menghasilkan hingga jutaan rupiah setiap harinya. Tidak tanggung-tanggung, para pengemis ini sampai mampu membeli kendaraan pribadi. 

Berdasarkan informasi dari kanal News Liputan6.com, seorang pengemis kaya bernama Legiman (52) yang sempat membuat geger masyarakat karena ia mengaku memiliki kekayaan dari hasil mengemis mencapai Rp1,4 miliar. Pria ini terjaring razia di Kota Bogor pada 2019 lalu. 

Angka Rp1,4 miliar berupa uang, rumah, tanah pekarangan, dan tabungan. Untuk tabungannya sendiri, Legiman memiliki Rp 900 juta yang disimpan adiknya.

Tentunya sangat tidak terbayang jika seorang pengemis memiliki uang tabungan yang begitu banyak. Sebagai perbandingan, dengan uang tabungan tersebut sudah dapat membawa pulang berbagai jenis mobil mewah Mercedes-Benz.

Salah satu contohnya adalah Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line yang dibanderol pada kisaran Rp 897 juta sampai Rp 940 juta. Selain itu, juga ada GLA 200 AMG Line yang harganya berada di kisaran Rp 852 juta sampai Rp 900 juta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengemis Kaya Lainnya

Bukan hanya Legiman, pengemis lain yang bernama Muklis Muctar Besani (65) juga pernah terciduk razia di Jakarta Selatan pada tahun yang sama. Saat diperiksa petugas tas yang dibawa Muklis penuh dengan uang dengan ragam pecahan Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, dan Rp 20 ribu. 

Ketika dihitung totalnya, uang yang tersimpan di tas pengemis ini mencapai angka Rp 194,5 juta. Lebih mengejutkannya lagi, Ini bukan yang pertama kali Muklis terciduk petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan. 

Pada 2017 lalu Muklis juga pernah tertangkap dengan bukti uang Rp 82 juta. Jika digabungkan berarti pengemis di Jakarta selatan ini mampu menghasilkan Rp 276,5 juta.

Jumlah uang tersebut sudah hampir setara dengan mobil Honda WR-V terbaru yang dijual pada angka Rp 279 juta. Selain itu, di kisaran yang sama juga ada Toyota Rush yang dan Mitsubishi Xpander yang dijual mulai dari Rp 280 jutaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.