Sukses

Suzuki Luncurkan Kembaran Toyota Innova Zenix Pada Juli 2023

Maruti Suzuki telah mengkonfirmasi akan memperkenalkan MPV premium baru untuk pasar India yang diketahui merupakan kembaran Toyota Innova Zenix

Liputan6.com, Jakarta - Maruti Suzuki telah mengkonfirmasi akan memperkenalkan MPV premium baru untuk pasar India. Model anyar ini, akan didasarkan dari Toyota Innova Hycross atau Toyota Innova Zenix di Indonesia, dan akan mulai dijual pada Juli 2023.

Disitat dari Autocar India, sebagai kembaran Innova Hycross yang memang sudah populer, dan seperti Grand Vitara, model baru dari Suzuki ini juga akan dibuat di pabrik Toyota Bidadi.

Kehadiran MPV premium Suzuki dengan menggunakan basis Toyota Innova Hycross memang sudah terdengar dalam beberapa waktu belakang.

Terlebih, Toyota juga sempat mengatakan sedang mempersiapkan peluncuran C-MPV pada tahun fiskal 2022-2023, yang juga akan dibagikan dengan mitra aliansinya, Maruti Suzuki.

"Kami akan membeli kendaraan dari Toyota, itu adalah jenis kendaraan hibrida yang kuat, tiga baris, top of the line dalam hal harga," ujar Ketua Maruti Suzuki, RC Bhargava.

"Saya tidak berpikir volumenya akan sangat besar tetapi ini adalah terobosan kendaraan dalam arti tertentu, karena teknologi hybrid ramah karbonnya. Itu akan datang kira-kira dalam dua bulan atau lebih," tegasnya.

Sementara itu, sejak dimulainya aliansi Toyota-Suzuki pada 2027, banyak kendaraan buatan Suzuki seperti Vitara Brezza dan Baleno yang saat ini sudah tidak diproduksi lagi, tapi dijual oleh Toyota sebagai Urban Cruiser dan Glanza di India.

Saat ini, Baleno generasi terbaru, Ciaz , Ertiga, dan Celerio dijual sebagai Toyota di beberapa pasar, termasuk Afrika Selatan dan Timur Tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinggi Peminat, Penjualan Suzuki XL7 Naik 39 Persen pada Maret 2023

Penjualan Suzuki XL7 pada Maret 2023 mengalami peningkatan yang cukup signifikan sebesar 39 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Selain itu, all new Ertiga juga mencatatkan peningaktan sebesar 6 persen dan all new Ertiga Hybrid 8 persen.

Secara total keseluruhan, Suzuki berhasil berikan catatan positif yaitu mengalami peningkatan penjualan di Maret 2023 sebesar 10 persen bila dibandingkan dengan Februari 2023.

Faktor peningkatan penjualan ini tersebut didorong oleh beberapa hal, antara lain frekuensi pameran untuk mendekatkan diri kepada calon pelanggan, pembukaan jaringan outlet baru, serta program penjualan yang menarik.

"Jika dilihat secara keseluruhan, All New Ertiga menjadi kontributor kedua setelah XL7 yang menduduki peringkat pertama. Peningkatan penjualan Suzuki secara keseluruhan sebesar 10 persen," terang Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales dalam keterangan resminya.

Tidak hanya catatan penjualan mobil saja yang berikan hasil yang positif, tetapi juga penjualan spareparts melalui layanan MySuzuki.

Secara total keseluruhan, layanan MySuzuki mencatatkan peningkatan sebesar 35 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu Februari 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini