Sukses

Kementerian ESDM Berangkatkan 31 Bus untuk Mudik Gratis 2023

Setelah tiga tahun tertunda lantaran pandemi covid-19, kini Kementerian ESDM kembali menggelar mudik gratis dengabn melibatkan 31 bus yang telah disediakan untuk mengantar masyarakat ke kampung halaman

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menggelar program mudik gratis bagi masyarakat yang ingin pulang kampung untuk merayakan momen Idul Fitri 1444 H/2023.

Rangkaian kegiatan tersebut kembali dilakukan pasca tiga tahun tertunda lantaran dihantam badai pandemi covid-19. Pada tahun ini, Kementerian ESDM memberangkatkan sebanyak 1.155 orang dengan melibatkan 31 bus dari dua lokasi berbeda.

Sebanyak 28 bus diberangkatkan dari Jakarta dan sisanya diberangkatkan dari Bandung, Jawa Barat. Menanggapi program mudik gratis 2023 ini, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Rida Mulyana, mengatakan langkah ini akan menjadi awal dari program yang akan dijalankan setiap tahunnya.

“Sebagaimana bapak ibu sekalian ketahui bahwa pandemi yang selama ini kita alami tidak terasa sudah 3 tahun membuat kita tidak membuat acara seperti ini. Jadi terhitung 2020, 2021, 2022 kita tidak lagi mengadakan mudik bareng dan Alhamdulillah dengan membaiknya kondisi pandemi, tahun ini kita mulai lagi mengadakan acara seperti ini dan insya Allah ini bisa berlanjut ke tahun-tahun berikutnya", ujar Rida.

Namun, dalam rangkaian program mudik gratis tersebut, ia juga turut mengingatkan kepada peserta dan pengemudi agar tetap berhati-hati selama perjalanan dan tetap saling menjaga satu sama lain agar selamat sampai tujuan.

"Kami hanya berpesan kepada peserta mudik dan juga pengemudi, tolong bisa saling menjaga, tidak perlu mengebut. Kalau supirnya mengebut tolong penumpangnya mengingatkan agar jangan ngebut. Jadi intinya tolong hati-hati, agar bisa selamat sampai tujuan", tandas Rida.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Posko Siaga Fastron Siap Berikan Layanan Ganti Oli Kepada Pemudik Lebaran Idul Fitri 2023

Arus mudik lebaran yang mulai ramai, disambut baik oleh PT Pertamina Lubricants dengan menghadirkan Posko Siaga Fastron dan Lesehan Enduro.

Kedua posko mudik tersebut, bisa dimanfaatkan oleh para pemudik untuk melakukan penyegaran kendaraan seperti pengecekan kondisi motor, sampai melakukan penggantian oli kendaraan.

Hal ini merupakan komitmen yang dihadirkan oleh PT Pertamina Lubricants untuk masyarakat yang melakukan perjalanan ke kampung halaman baik melalui jalan tol atau non tol.

“Kami mengestimasikan jumlah pengunjung posko Siaga Fastron sampai 2.000 pemudik tahun ini dan Pertamina Fastron, sebagai salah satu brand unggulan kita untuk segmen roda dua siap siaga menjadi partner terbaik kendaraan," jelas Sari Rachmi, Direktur Sales & Marketing PTPL saat mengunjungi posko mudik Pertamina Lubricants di KM 57 Tol Cipali (16/04/2023).

Dalam pelayanannya tersebut, ia juga menambahkan bahwa penggunaan pelumas Pertamina bisa memberikan esensi yang lebih maksimal untuk performa kendaraan. Terlebih dengan momen mudik di mana kendaraan diharapkan bisa memberikan performa yang optimal.

"Para pemudik dapat merasakan sensasi berkendara yang nyaman dengan menggunakan oli Fastron yang mampu akselarasi yang optimal dan menjaga kebersihan ruang mesin sehingga melindungi mesin dari keausan," tambahnya.

Sedangkan di Posko Lesehan Enduro, pemudik dengan motor maupun mobil juga dapat rehat sejenak di dua titik jalur non tol yakni Masjid Al Huda Cirebon dan Masjid Al Fairuz Pekalongan.

"Lesehan Enduro menjadi tempat istirahat yang tepat dan nyaman bagi pengendara motor ataupun mobil dengan fasilitas lengkap untuk keluarga. Dalam kesempatan ini kami mendoakan agar para pemudik selamat sampai tujuan, jangan lupa untuk terus taati rambu lalu lintas, berkemudi dengan aman, nyaman dan tetap waspada," tandas Sari.

3 dari 3 halaman

Infografis IMF Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini