Sukses

Heru Budi Hartono Imbau ASN Pemprov DKI Jakarta Tidak Menggunakan Mobil Dinas untuk Mudik Lebaran

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono himbau seluruh ASN di wilayah Pemprov DKI Jakarta untuk tidak menggunakan mobil dinas (mobnas) untuk kepentingan pribadi terutama pulang kampung saat cuti bersama mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono himbau seluruh ASN di wilayah Pemprov DKI Jakarta untuk tidak menggunakan mobil dinas untuk kepentingan pribadi terutama pulang kampung saat cuti bersama mudik Lebaran.

Dalam hal ini, Heru berharap agar kebijakan tersebut dapat dipatuhi seluruh ASN Pemprov DKI Jakarta. Bahkan, mobil dinas ini saja tidak diperbolehkan dibawa pulang, apalagi untuk pulang kampung.

"Yang sudah dibawa pulang saja enggak boleh, apalagi dibawa ke luar kota. Ya enggak boleh," tegas Heru di Ruang Pola, Blok G, Balai Kota DKI Jakarta, Kamis.

Sesungguhnya aturan ini sudah berlaku sejak 2022 lalu. Dilansir Antara, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi KemenPAN RB telah memerintahkan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di masing-masing instansi pemerintah untuk memastikan seluruh pejabat/pegawainya tidak menggunakan kendaraan dinas untuk kepentingan mudik, berlibur, ataupun kepentingan lainnya di luar kepentingan dinas.

"Edaran dari tahun ke tahun, untuk kendaraan dinas dan kendaraan operasional kan itu dibawa pulang aja nggak boleh," jelas Heru.

Di sisi lain, Pemerintah telah menyepakati penetapan hari libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 2023 pada 19 sampai 25 April 2023. Warga yang mudik tahun ini pun diprediksi mengalami kenaikan setelah COVID-19. 

Menanggapi hal tersebut, Heru Budi Hartono telah bertemu dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto yang baru dilantik menggantikan Irjen Muhammad Fadil Imran pada Rabu pagi di Gedung Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu pagi untuk membahas persiapan mudik Lebaran 2023.

"Ya ngobrol-ngobrol saja," ucap Heru, seraya menambahkan, "persiapan mudik, ya banyak lah."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jelang Mudik Lebaran, Heru Budi Minta Warga DKI Jakarta Cek Keamanan Aliran Listrik

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau warga Ibu Kota yang mudik untuk memperhatikan kondisi rumah sebelum ditinggal menuju kampung halaman.

Salah satunya, Heru meminta masyarakat untuk memastikan aliran listrik dalam kondisi aman saat ditinggal mudik lebaran 2023.

"Jaga rumah masing-masing, sebelum pulang kampung pastikan aliran listrik, gas yang aman," kata Heru di Panti Asuhan Anak Putra Utama 3, Jalan Swadaya Raya, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (10/4/2023).

Heru menyebut bakal turut melepas pemudik dari Jakarta pada pekan depan. Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar program mudik gratis dengan tujuan ke 19 kota/kabupaten.

"Antisipasi kan kayak kemarin, kalau tidak salah Selasa atau Rabu di Monas kita melepas warga yang mudik," kata Heru.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mewanti-wanti para menteri dan kepala daerah untuk mempersiapkan diri menangani mudik Lebaran 2023. Pasalnya, kata dia, jumlah pemudik Lebaran 2023 diprediksi melonjak drastis.

"Kurang lebih 123 juta masyarakat kita akan bersama-sama mudik. Tahun kemarin 86 (juta), ini 123 juta. Hati-hati, angka ini hati-hati," kata Jokowi usai meninjau Pasar Cepogo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, Senin (10/4/2023).

"Saya sudah memperingatkan Menteri Perhubungan, Kapolri, Menteri BUMN yang menyangkut transportasi laut," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini