Sukses

Citroen Siapkan Mobil Listrik Rp 300 Jutaan, Bisa Jadi Penantang Wuling Air ev

Citroen dikabarkan siap menghadirkan produk mobil listrik dengan harga terjangkau untuk pasar Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Citroen dikabarkan siap menghadirkan produk mobil listrik dengan harga terjangkau untuk pasar Indonesia. Produk tersebut untuk mendampingi Citroen e-C4 yang banderolnya mencapai Rp 1,18 miliar.

Advisory Board Indomobil Group, Tan Kim Piauw mengatakan, bila sesuai rencana pada tahun tahun depan mereka akan merilis beberapa produk baru, termasuk mobil listrik. Harga jual mobil listrik baru dari Citroen nantinya diusahakan bersaing di Rp300 jutaan.

"Iya itu harus ditunggu ya (mobil listrik murah). Tapi kita sepakat dengan mereka (prinsipal) harus masuk ke market yang banyak masyarakat butuhkan. Harga market EV yang besar itu kurang lebih Rp300 jutaan, ya mudah-mudahan itu bisa dapat ya. Ditunggu nanti," kata Tan di Citroen Experience Center Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Bila nanti terealisasi, artinya besar peluang mobil ini akan menjadi pilihan lain dari Wuling Air ev yang dijual rentang harga Rp243 juta sampai Rp299,5 juta OTR. Mahar dari Air ev sendiri makin terjangkau setelah dapat subsidi PPN dari pemerintah sejak 1 April 2023. 

Secara global, Citroen memiliki Ami yang bersaing di segmen mobil listrik mungil. Beberapa waktu lalu Citroen Indonesia mengenalkan versi terbatasnya Ami Buggy yang hanya tersedia 50 unit di seluruh dunia.

Tan pernah mengatakan bila Citroen Ami Buggy tak akan dijual di Indonesia, sebab unitnya benar-benar sedikit. Namun, dia tak menutup kemungkinan bila kelak Ami versi standar atau reguler akan dirilis di pasar domestik. Bisa jadi mobil listrik murah yang dimaksudnya mengarah pada Ami versi massal.

"Mudah-mudahan kita bisa segera jual (Citroen Ami di Indonesia). Ami ini kan mengusung mobil listrik ya, jadi sebenarnya menarik juga (untuk dibawa ke Indonesia)," kata Tan di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara beberapa waktu lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga di Eropa

Citroen Ami reguler di Eropa dijual dengan harga mulai 7.790 Euro atau setara Rp126 jutaan. Dia dibekali dengan baterai Lithium-Ion 5,5 kWh dengan jarak tempuh 70 kilometer sekali pengisian penuh.

Adapun untuk durasi pengisian baterai dari nol menuju 100 persen butuh waktu 3-4 jam. Sementara kecepatan puncaknya hanya bisa dipacu 45 km/jam.

Citroen Ami jadi mobil listrik paling murah yang ditawarkan oleh perusahaan di pasar global. Selain Ami, ada juga opsi Citroen E-Berlingo Electric, E-Spacetourer Electric, E-C4 X Electric, E-Dispatch Electric, E-Relay Electric yang set maharnya lebih mahal.

Nah, jika nantinya benar Citroen Ami yang dirilis, menurut kami mobil ini lebih proper digunakan sebagai kendaraan mobilitas jarak dekat.

Analisanya berdasarkan rancang bangun, kapasitas baterai, dan performa motor listrik yang dihasilkan. Bagaimana, Anda salah satu yang tertarik dengan EV ini?

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.