Sukses

Penurunan Harga Jual Kembali Mobil Hybrid Mencapai 50 Persen, Komponen Ini yang Bikin Konsumen Khawatir

Pasar kendaraan listrik di Indonesia sudah mulai dijejali dengan beragam model dan merek, baik dari mobil listrik murni maupun hybrid

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kendaraan listrik di Indonesia sudah mulai dijejali dengan beragam model dan merek, baik dari mobil listrik murni maupun hybrid. Namun, untuk di pasar mobil bekas (mobkas) sendiri, belum banyak ditemui roda empat ramah lingkungan yang dijual.

Dijelaskan Jany Candra, CEO PT Autopedia Sukses Lestarai Tbk, atau yang lebih dikenal dengan platform jual beli mobkas, Caroline mengatakan stok untuk untuk mobil hybrid memang masih jarang. Pasalnya, konsumen yang memiliki mobil jenis tersebut, masih menahan untuk tidak menjual kendaraannya.

"Belum banyak (mobil hybrid bekas), Kenapa? karena pembeli mobil hybrid mereka tidak jual dulu. Karena harga bekasnya turun signifikan," jelas Jany, saat ditemui di bilangan Gading Serpong, Tangerang, belum lama ini.

Lanjut Jany, konsumen mobil hybrid sendiri masih takut dan masih belum yakin dengan kualitas baterai, terlebih untuk mobil bekas yang tidak bisa dijamin penggunaannya sebelumnya.

"Takutnya baterai sudah enggak bagus, konsumen masuh takut," tegas Jany.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Bekas Mobil Camry

Selain itu, Jany juga mengatakan depresiasi harga mobil hybrid saat ini masih cukup tinggi. Bahkan, jika dibandingkan dengan mobil konvensional, seperti bensin atau diesel masih sangat jauh perbedaan harga jual kembalinya.

"Pengalaman kami kalau mobil Camry, hybrid belinya lebih mahal (dibanding konvensional). Waktu jual bekasnya, itu lebih murah dibanding yang tidak hybrid," tambah Jany.

"Untuk penurunannya bisa 50 persen lebih kalau sudah 4 sampai 5 tahun, karena konsumen masih khawatir, seperti baterainya," pungkas Jany.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.