Sukses

Gibran Wajibkan Pemilik Mobil di Solo Punya Garasi, Simak Tips Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka akan melakukan sosialisasi selama setahun soal peraturan warga yang mempunyai mobil harus memiliki garasi. 

Dilansir Antara, Kamis (2/3/2023), Gibran menyebutkan bahwa ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Perhubungan. Dalam perda yang mengatur kewajiban memiliki garasi itu tertuang dalam Pasal 88.

Bagi Anda yang belum memiliki garasi, tentu ada beberapa pertimbangan sebelum membuatnya. Dilansir laman Daihatsu, berikut 5 tips untuk membuat garasi mobil di rumah: 

1. Tentukan Lokasi Terbaik

Lokasi untuk garasi mobil yang baik adalah lokasi yang bisa dipasang ventilasi. Tujuannya tentu agar ada sirkulasi udara dan garasi tidak lembab. Selain itu, lokasi garasi sebisa mungkin tempat yang agak lebih tinggi dari jalanan agar tidak ada genangan air yang tersisa setelah mencuci mobil.

2. Hitung Luas Lahan

Luas lahan untuk garasi mobil kecil rata-rata adalah 2,4 x 4,8 meter persegi. Sedangkan untuk mobil yang cukup besar rata-rata membutuhkan luas lahan sekitar 3 x 6 meter persegi. Jika lahan terbatas, Anda bisa membuat garasi terbuka atau bergabung dengan teras depan dan tanpa pagar.

3. Tentukan Atap Garasi

Garasi terbuka memang bukan ide yang bagus. Idealnya memang setiap garasi mempunyai atap. Tujuannya tentu saja agar tidak kehujanan maupun kepanasan yang bisa merusak warna cat mobil.

Salah satu opsi yang menarik adalah kanopi membran, namun harganya kurang ramah di kantong. Anda bisa memilih jenis UPVC, spandek, galvalum, atau polikarbonat untuk harga yang lebih terjangkau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Membuat Garasi

4. Tentukan Material Lantai Garasi

Memilih material lantai garasi tidak bisa sembarangan. Lantai tidak boleh licin karena ban mobil bisa selip dan menabrak. Gunakan lantai yang berbahan dari granit atau yang memiliki pori-pori kecil. Lantai dari granit lebih banyak dipilih karena tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan.

5. Cocokkan dengan Desain Rumah Secara Keseluruhan

Terkadang memang membangun rumah duluan daripada memiliki garasi mobil. Ini yang membuat garasi kadang tidak setema dengan desain rumah. Desain garasi yang cocok bisa mulai dari warna garasi dan atapnya, bentuk garasinya, atau elemen garasi lainnya yang bisa disepadankan dengan desain ruman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.