Sukses

Berwujud Mungil, Motor Listrik Canggih Ini Bisa Dinyalakan Lewat Smartphone

Beragam sepeda motor listrik hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023

Liputan6.com, Jakarta - Beragam sepeda motor listrik hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Roda dua ramah lingkungan ini, ada yang berasal dari pabrikan besar, hingga kecil namun tetap mengadopsi teknologi canggih.

Salah satunya, adalah motor listrik mungil Atom II dari PT Ide Inovasi Bangsa. Sepeda motor listrik ini, merupakan generasi pertama dari Atom Alpha yang telah diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Di generasi terbaru ini, terdapat ubahan signifikan, seperti pembaruan suspensi yang kini dilengkapi dengan teleskopik di depan dan dual spring di belakang.

Selain itu Atom II juga hadir dengan beberapa fitur baru seperti penyangga kaki yang dapat dilipat, setang yang dapat dilipat, cakram dobel, lampu sein depan, dan lampu sen belakang. Atom II juga sudah dalam proses untuk registrasi kendaraan jalan raya, sehingga pengguna dapat mengendarai Atom II di jalan raya lengkap dengan pelat nomor, STNK, & BPKB.

"Hal ini berbeda dengan pendahulunya Atom Alpha yang memang diposisikan sebagai micro mobility mini bike untuk lingkup area yang lebih kecil dengan kecepatan maksimum di bawah 25 km/jam," ujar Niko Questera, Pendiri Quest dan PT Inovasi Bangsa ditemui di booth IIMS 2023, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Jantung penggeraknya, Atom II dibekali dengan BLDC HUB 1.200W. Baterai yang digunakan memakai Lithium ion dengan kapasitas 72V/25AH. Di atas kertas motor listrik ini memiliki daya jelajah hingga 50 km dalam satu kali pengisian daya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknologi canggih

Pengisian baterai normal membutuhkan waktu sekitar 8 jam dari kosong sampai dengan baterai penuh onboard charger hanya 255 watt. Sementara ketika menggunakan fast charging hanya memerlukan waktu 2 jam untuk mengisi baterai hingga penuh.

Sementara itu, teknologi baru yang dihadirkan pada Atom II terletak pada kunci keyless guna mengganti sistem Near Field Card (NFC), yang digunakan di model sebelumnya dengan Aplikasi smartphone.

Pengguna cukup membuka aplikasi Quest Key dan akan segera terhubung dengan Atom II miliknya dan dapat segera melakukan perjalanan.

Selain untuk menyalakan motor di dalam aplikasi ini, pemilik juga dapat melihat persentase baterai pada layar smartphone pengguna, yang mana berbeda dari versi sebelumnya yang menggunakan switch dan NFC tap untuk menyalakan motor.

Sekadar informasi, IIMS 2023 juga didukung sponsor resmi dari kalangan perbankan yaitu Danamon, Adira dan MUFG.

Untuk meningkatkan animo publik terhadap IIMS 2023, Bank Danamon telah menyiapkan sejumlah promo kepada pengunjung. Semua penawaran ini hanya berlaku selama pameran berlangsung.

Antara lain, Kredit Pemilikan Mobil (KPM Prima dan KPM Prima Syariah) Bunga/Margin mulai 1,68 persen. Ini merupakan bunga yang sangat rendah dibandingkan bunga pasar saat ini.

Sementara Adira Finance akan melakukan Green Financing dengan mensubsidi hingga Rp 7,5 juta untuk kendaraan listrik sebagai bentuk komitmennya mendukung pengembangan green energy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.