Sukses

Viral Kasus Sopir Fortuner Rusak Brio, Berikut Deretan Aksi Koboi Jalanan yang Pernah Terjadi di Indonesia

Aksi koboi jalanan merusak mobil Brio dilakukan oleh sopir Fortuner di Senopati. Sang sopir Fortuner yang bernama Giorgio Ramadhan (24), resmi ditetapkan jadi tersangka.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi koboi jalanan merusak mobil Brio dilakukan oleh sopir Fortuner di Senopati. Sang sopir Fortuner yang bernama Giorgio Ramadhan (24), resmi ditetapkan jadi tersangka. Giorgio ditahan di Mapolres Metro Jakarta Selatan mulai Senin (13/2/2023) malam. Giorgio Ramadhan dijerat dengan Pasal 406 KUHP terkait perusakan dan Pasal 335 KUHP tentang ancaman kekerasan.

"Berdasarkan penerapan kedua pasal ini, dengan didasari dua alat bukti kemudian melakukan penahanan tersangka GR untuk selanjutnya proses tahap penyelidikan lebih lanjut," ungkap Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi di kantornya, kemarin (13 Februari 2023).

Kejadian berawal saat korban yang merupakan taksi online berkendara dari Bunderan Senayan menuju Senopati,  tepatnya di depan apartemen berpapasan dengan mobil Fortuner tersangka masuk ke jalan yang dilalui oleh korban. Kemudian korban mencoba mengingatkan dengan isyarat tangan, bahwa mobil tersangka salah jalan sambil.

"Akhirnya tersangka membanting setir ke kiri dan mengenai mobil korban dan terjadi perdebatan antara kedua belah pihak," lanjut Ary.

Lalu GR turun dan membawa pistol yang belakangan diketahui mainan ke arah kiri depan mobil korban. Tersangka meminta korban keluar sambil memaksa membuka pintu kiri mobil Brio.

"Korban dan saksi H merasa ketakutan dan terancam sehingga mengunci mobilnya. Korban tidak berusaha keluar," tambah Ary.

Karena tidak berhasil menyuruh korban ke luar, kata Ade Ary, tersangka bergeser ke depan mobil Brio kemudian memukul kaca namun senjata mainan itu patah. GR semakin kesal lalu masuk ke mobilnya dan mengeluarkan pedang dan mengayunkan ke bagian depan mobil korban.

Aksi koboi seperti ini bukanlah yang pertama kali terjadi di Indonesia. Berikut deretan aksi koboi yang pernah terjadi di Indonesia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Aksi Koboi Duren Sawit

Detik-detik pengemudi Avanza mengacungkan pistol dan stik ke arah pengemudi truk diabadikan dalam rekaman video dan viral di media sosial.

Salah satunya diunggah oleh akun instagram @romansasopirtruk. Dalam rekaman berdurasi 27 detik memperlihatkan pengemudi Toyota Avanza berwarna silver menyalip truk dari sisi sebelah kiri.

Di sela-sela itu, pengemudi Toyota Avanza membuka kaca jendela dan mengacungkan stik. Sementara rekannya yang berada di samping menodongkan pistol.

Sopir truk menceritakan kejadian ke admin @romansasopirtruk. Peristiwa itu terjadi pada Senin, 31 Januari 2022 di ruas jalan Tol Cipali.

Saat itu, pengemudi truk melaju dengan kecepatan 80-90 km/jam di jalur kanan, banyak mobil pribadi mendahului dari sebelah kiri.

"Ada 1 mobil Avanza warna silver yang mensejajari truk saya di sebelah kiri. Saya fokus pandangan ke depan dan tidak menoleh melihat mobil tersebut. Tiba-tiba mobil tersebut banting kanan dan mengenai spion kiri saya. Saya otomatis mengerem dan mobil itu berada di depan sebelah kiri sambil mengurangi kecepatan," tulis akun @romansasopirtruk seperti dikutip, Kamis (3/2/2022).

Sopir tersebut mengatakan, ketika truk yang dikendarainya dengan mobil Toyota Avanza hampir sejajar dia melihat ada yang mengeluarkan pistol dan stik.

"Saya lihat pengemudi mobil Avanza tersebut tangan kanannya memegang pistol dan membidikkan pistol ke arah saya, reflek saya menunduk. Saya tidak tahu itu pistol asli atau bukan," kata dia.

  

3 dari 5 halaman

2. Menabrak Motor Lalu Mengacungkan Pistol

Sudah salah karena menabrak motor yang terparkir di pinggir jalan, pengendara mobil ini justru melakukan aksi koboi dengan menenteng pistol untuk membuyarkan kerumunan warga. 

Video yang memerlihatkan kejadian tersebut diunggah oleh akun Instagram @majeliskopi08. Berikut ini ulasan lengkapnya!

Diketahui bahwa kejadian ini sendiri terjadi di Jalan Hj. Sarmah depan SDN Perigi 01 Pondok Aren, Kota Tangerang, pada Jumat (24/12/2021) malam sekitar pukul 20.40 WIB.

Dalam video awalnya terlihat ada motor matik yang diparkir di depan sebuah warung. Kemudian ada mobil yang melaju pelan dari arah belakang dan tanpa diduga menabrak motor tersebut.

Melihat hal itu warga keluar dari rumah dan warung. Kemudian ada seorang pria yang mendirikan motor dan memarkirnya di pinggir jalan.

Setelah itu terlihat beberapa orang mengerumuni mobil tersebut. Saat pengemudi mobil tadi keluar, mereka tampak ciut nyali dan menjauh darinya.

Ternyata si pengendara mobil menenteng sebuah benda yang diduga pistol. Ia tampak berbincang dengan seseorang dan menunjuk ke tempat kosong.

Tak berselang lama ia kembali ke mobilnya untuk melanjutkan perjalanan. Menurut keterangan yang ada pemilik motor pun telah melaporkan pemobil tadi ke polisi.

"Informasi dari keluarga, pemilik motor sudah melaporkan peristiwa ini ke kepolisian dengan laporan pengancaman menggunakan senjata," tulis @majeliskopi08.

4 dari 5 halaman

3. Koboi Jalanan Perusak Mobil Polisi

Sosok koboi jalanan yang merusak mobil seorang polisi berpangkat jenderal akhirnya terungkap. Pria tersebut belakangan diketahui bernama Bagas, seorang PNS yang bekerja di Kementerian Ketenagakerjaan.

"Saya tidak kenal dengan pelaku. Saya baru tahu setelah di Polda. Pelaku ternyata PNS di Kementerian Ketenagaankerjaan. Sekarang jabatannya auditor utama. Dia juga anak mantan inspektorat Kementerian tenaga kerja," ungkap Brigjen Pol Erwin Chahara Rusmana dalam keterangan tertulis, Selasa, 28 April 2020.

Aksi koboinya sempat viral di media sosial. Saat itu, dia menyalip mobil yang dikemudikan Brigjen Erwin Chahara Rusmana di ruas Tol Cikampek KM 29, Jumat, 24 April 2020.

Tak cukup sampai disitu, Bagas bahkan menodongkan pisau dan mengancam jenderal bintang satu tersebut.

"Pelaku menghunuskan senjata tajam berusaha memecahkan kaca mobil saya," ucap Erwin.

Insiden tersebut juga sempat mengundang perhatian pengguna jalan tol lain hingga menimbulkan kemacetan. Saat ini, kasus oknum PNS yang bertindak bak koboi jalanan itu ditangani oleh jajaran Polda Metro Jaya.

5 dari 5 halaman

4. Koboi Jalanan Andy Wibowo

Pada 2019 silam media sosial dihebohkan dengan sebuah video viral seorang pengemudi BMW yang menodongkan senjata saat mencoba menerobos kemacetan jalan Ibu Kota.

Kala itu, sang koboi jalanan mencoba menerobos kemacetan dengan berjalan di lajur berlawanan namun terhadang oleh Panther yang datang dari arah berlawanan di Jalan Alaydrus, Jakarta Pusat, pada Jumat, 14 Juni 2019 pagi.

Karena pengemudi Panther tersebut tidak memberikan jalan, pengemudi BMW tersebut kemudian turun dan menodongkan senjata api ke arah pengemudi Panther. Aksi itu rupanya terekam oleh kamera CCTV kemudian diunggah dan menjadi viral.

Polres Metro Jakarta Pusat pun akhirnya menangkap koboi jalanan di depan hotel kawasan Pecenongan pada Sabtu 15 Juni 2019 pukul 01.00 dini hari.

Setelah ditangkap, pelaku bernama Andy Wibowo itu mengaku salah dan minta maaf. Belakangan, diketahui jika pengendara mobil BMW bernomor polisi B 1764 PAF itu positif menggunakan sabu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.