Sukses

Harga dan Spesifikasi Mobil Listrik Neta V yang Dikabarkan Diimpor Esemka dari Thailand

Esemka dikabarkan akan merilis mobil listrik Neta V di ajang Indonesia International Motor Show 2023 atau IIMS 2023.

Liputan6.com, Jakarta Esemka dikabarkan akan merilis mobil listrik Neta V di ajang Indonesia International Motor Show 2023 atau IIMS 2023. Mobil ramah lingkungan tersebut dikabarkan merupakan rebadge atau mengganti merek dari jenama asal Cina, Hozon Auto, dan diimpor dari Thailand.

Foto-foto dari mobil listrik keluaran Esemka ini telah menyebar di berbagai media sosial. Dari foto-foto tersebut terlihat mobil Esemka sangat mirip dengan mobil listrik Neta V.

Salah satu pendiri dan CEO Hozon Auto, Zhang Yong mengakui perusahaannya berencana memperluas pasarnya di Asia Tenggara. Dan saat ini sudah melakukan kerjasama dengan Thailand membuat mobil listrik Neta V versi setir kanan.

"Neta Auto telah mengembangkan pasarnya ke tata letak global dan mempercepat pengembangannya, salah satunya ASEAN," ujar Yong Dikutip dari pandaily, Jumat (10/2/2023).

Untuk spesifikasi Neta V yang ada di Thailand, mobil listrik ini memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.690 mm dan kemudi kanan dengan tinggi 1.540 mm. Sementara itu, wheelbase berada di ukuran 2.420mm.

Pada bagian interior, mobil ini sama sekali tidak memiliki tombol. Bagian kokpitnya seratus persen layar sentuh dengan head unit berbentuk smart tablet berukuran 14,6 inci.

Desain ini membuat model Neta V memiliki kesan yang sangat futuristik. Selain itu, Hozon Auto menawarkan lima pilihan warna untuk varian ini yaitu, putih, abu-abu, cyan, biru, dan merah muda.

Untuk masalah ketahanan tenaga, Neta V hadir dengan mesin motor berdaya 70kW dengan torsi maksimum 150 Nm dan waktu akselerasi 0-50 km/jam dalam 3,9 detik.

Di Thailand, harga Neta V dibandrol 549.000 baht atau Rp 247 juta. Harga tersebut setara dengan Toyota Avanza 1.3 E CVT dan sedikit lebih murah dari Wuling Air EV di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Bos Esemka

Esemka telah mengumumkan keikutsertaan mengikuti pameran otomotif besar di Tanah Air, yaitu IIMS 2023. Namun belum diketahui pasti, apa kegiatan atau model yang akan dibawa ke pameran mobil dan motor yang bakal berlangsung 16 hingga 26 Februari 2023 ini. Termasuk, apakah mobil listrik yang sebelumnya viral di media sosial akan dibawa di gelaran yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat tersebut.

Mencoba mengkonfirmasi kepada Eddy Wirajaya, Presiden Director PT Solo Manufaktur Kreasi, produsen mobil Esemka, pihaknya belum mau berbicara banyak terkait kemunculan kembali Esemka, atau mobil listrik Esemka yang viral di dunia maya.

"Mungkin bisa nanti saat di IIMS tanggal 16 Februari 2023," ujar Eddy, saat menjawab pertanyaan Liputan6.com terkait mobil listriknya, melalui pesan elektronik.

Sementara itu, mobil listrik yang diduga milik Esemka ini, merupakan Neta U dan Neta V.

3 dari 3 halaman

Infografis Esemka dan Program Mobil Nasional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.