Sukses

Toyota Sprinter Trueno AE86 Hachiroku Disulap Jadi Mobil Listrik

Toyota memanfaatkan ajang Tokyo Auto Salon 2023 untuk menampilkan kendaraan-kendaraan terbaiknya. Bahkan, kendaraan ramah lingkungan pun menjadi salah satu tema di ajang modifikasi ternama itu.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota memanfaatkan ajang Tokyo Auto Salon 2023 untuk menampilkan kendaraan-kendaraan terbaiknya. Bahkan, kendaraan ramah lingkungan pun menjadi salah satu tema di ajang modifikasi ternama itu.

Ide yang dikeluarkan tidak main-main. Toyota memodifikasi dua unit mobil sport klasik AE86 menjadi kendaraan elektrifikasi dengan murni baterai listrik dan hidrogen. AE86 menjadi mobil sport yang dikultuskan penggemar otomotif dan di berbagai produk budaya populer Jepang seperti manga dan anime, salah satunya Initial D.

AE86 H2 konsep memanfaatkan pengalaman Toyota dalam membuat sebuah kendaraan dengan DNA sport menjadi jauh lebih baik. Lewat kerja sama tim Toyota Gazoo Racing (TGR) dan Rookie Racing di kelas balapan Super Taikyu Jepang, Toyota mengembangkan sebuah model yang bisa dikendarai. Toyota juga tidak ingin menghilangkan sensasi berkendara dengan mesin konvensional lewat getaran dan suara yang dihasilkan.

Modifikasi AE86 ini menggunakan bagian dari dua unit Toyota Mirai. Seperti mengambil tangki penyimpanan hidrogen dan menempatkannya di bagian belakang kendaraan. Modifikasi lain seperti injeksi bahan bakar, pipe bahan bakar dan busi pembakaran tidak terlalu disentuh.

AE86 BEV Concept menggunakan teknologi dari Lexus. Bentuk bodi di[pertahankan. Menjaga bobot ringan dan keseimbangan depan belakang untuk hasil maksimal. Karakteristik kendaraan listrik yang tangguh diadaptasi bersamaan dengan penggunaan transmisi manual untuk menciptakan kenikmatan berkendara lebih baik dibanding model aslinya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Netralitas Karbon

Bagian menariknya, Toyota menggunakan suku cadang dari mobil hybrid yang sudah beredar di pasaran. Misalnya motor listrik dari model Tundra HEV, dan baterai dari Prius PHEV.

Kedua model modifikasi ini menargetkan kontribusi aktif untuk mencapai netralitas karbon. Toyota bekerja sama dengan produsen after market membuat kedua model AE86 ini turut andil menyelamatkan lingkungan. Bagian jok dan sabuk pengaman misalnya, berasal dari material daur ulang.

Toyota hadir di Auto Salon dengan tema "Leaving no car lovers behing". Ini sebagai langkah Toyota yang menawarkan beragam model kendaraan bagi konsumen yang ingin ikut serta mencapai netralitas karbon. Kampanyenya, tidak hanya mobil baru yang bisa berpartisipasi, namun juga kendaraan jadul seperti AE86. (STA/ODI)

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.