Sukses

Mitsubishi Ralliart Menangkan AXCR 2022, Triton Buktikan Ketangguhannya

Liputan6.com, Jakarta - Mitsubishi Ralliart berhasil memenangkan kejuaraan reli lintas negara Asia Cross Country Rall (AXCR) 2022 yang berlangsung di Thailand dan Kamboja. Ini merupakan pencapaian luar biasa mengingat mereka baru kembali setelah 12 tahun vakum dari berbagai kompetisi.

Pereli asal Thailand, Chayapon Yotha bersama co-driver Peerapong Sombutwong, berhasil menjadi pemenang dengan total waktu 8 jam 22 menit 42 detik.

"Ini menjadi pertarungan yang sangat sulit selama enam hari, tapi saya sangat senang bisa meraih kemenangan melawan rival yang menggunakan mesin lebih besar," terang Chayapon. Demikian seperti dilansir Mitsubishi Motors, Minggu (27/11/2022).

Sementara Rifat Sungkar yang baru pertama kali mengikuti kejuaraan ini, berada di posisi ke-5 dengan torehan waktu 8 jam 39 menit 56 detik. Ia gagal mempertahankan posisinya di akhir etape karena pada Leg sebelumnya ia berada di urutan ke-4.

Meski demikian dirinya cukup puas dengan hasil tersebut karena ini merupakan debutnya di  AXCR dan balapan menggunakan mobil yang "relatif" standar.

"Saya merasa bahwa Mitsubishi Triton adalah mobil yang benar-benar tangguh, tahan lama dan dapat diandalkan. Sungguh menakjubkan, bahwa kami dapat balapan dengan mobil yang statusnya diproduksi massal," ujar Rifat.

 

Disebutkan, Spesial Stage 6 (SS6) pada Leg 5 AXCR 2022 yang berlangsung Sabtu (26/11/2022), menyajikan lintasan yang cukup berat dibanding SS5 sehari sebelumnya.

Kondisi jalan tanah yang rusak dengan lubang besar dan bekas roda yang dalam, serta berlumpur menjadi tantangan berat pada etape ini. Tak sedikit tim yang terjebak dan gagal menyelesaikan balapan dengan batas waktu yang ditentukan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Ikut AXCR 2023

Sementara itu, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart Hiroshi Masuoka menyatakan, AXCR merupakan ajang reli yang penting bagi Mitsubishi Motors setelah kembali kancah motorsport dengan nama Ralliart.

Ia pun mengapresiasi performa terbaik yang ditunjukkan driver dan co-driver Mitsubishi Ralliart, serta para mekanik yang telah membuat Mitsubishi Triton semakin tangguh selama kejuaraan ini berlangsung.

Masuoka pun mempertimbangkan tim Mitsubishi Ralliart untuk kembali meramaikan AXRC di tahun depan. Segala sesuatunya akan diperhatikan kembali agar bisa lebih kompetitif lagi.

"Tim akan mempertimbangkan kemungkinan untuk kembali lagi tahun depan, dan akan sepenuhnya melakukan persiapan yang lebih matang pada tim dan mobil reli kami," pungkasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS