Sukses

Saingi Tesla, Sony dan Honda Bakal Sematkan PlayStation 5 di Dalam Mobil Pintarnya

Liputan6.com, Jakarta - Dua perusahaan raksasa Sony dan Honda, telah sepakat untuk melakukan kerjasama dalam memproduksi mobil pintar. Tidak tanggung-tanggung, produk yang nantinya akan mereka hadirkan ke konsumen tersebut akan disematkan banyak fitur multimedia yang fantastis.

Tidak hanya sekedar menghadirkan musik atau film demi memberikan hiburan kepada pengemudi, tetapi, Sony dan Honda berniat untuk menyematkan PlayStation 5 di dalam mobil tersebut.

Menurut Izumi Kawanishi, Presiden Sony Honda Mobility, mengungkapkan bahwa perusahaan baru ini berada di posisi yang tepat untuk memanfaatkan preferensi konsumen yang berubah dan invasi gadget berteknologi tinggi ke dalam industri otomotif.

"Sony memiliki teknologi konten, layanan, dan hiburan yang menggerakkan orang. Kami menyesuaikan aset ini dengan mobilitas, dan ini adalah kekuatan kami melawan Tesla," ujar Kawanashi.

Di samping itu, masih menurut dirinya secara teknologi dimungkinkan untuk menyematkan sebuah konsol video game Sony ke dalam mobil. Terlebih, PlayStation 5 ini tengah menjadi incaran para penggila gim di seluruh dunia.

Untuk mendukung visi tersebut, para engineer mobil pintar Honda akan membekali produk tersebut dengan dukungan swa-kemudi agar bisa memberikan kenyamanan kepada konsumen saat berada di dalam mobil.

"Untuk menikmati ruang di mobil Anda, Anda harus menjadikannya ruang di mana Anda tidak perlu mengemudi. Solusinya adalah mengemudi secara otonom. Mengemudi otonom harus berkembang jauh dari level saat ini untuk mencapai titik itu, dan itu akan membutuhkan waktu untuk mewujudkannya," tambah Kawanishi.

Sementara itu, mengenai kehadiran mobil pintar pertama mereka, kabarnya Sony Honda Mobility telah berencana untuk meluncurkan kendaraannya untuk pasar Amerika Serikat pada 2025 mendatang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Mobil Pintar Hasil Kolaborasi Honda dan Sony Dijadwalkan Rilis di CES 2026

Setelah desas desus mengenai mobil pintar yang diproduksi berkat hasil kolaborasi Honda dan Sony, kini mulai tersingkap sedikit demi sedikit. Dalam sebuah informasi resminya, mereka menjelaskan model pertama tersebut akan diluncurkan dalam empat tahun dari sekarang dan akan memulai debutnya pada pameran Consumer Electonic Show (CES) 2026.

Nantinya, setelah mobil tersebut masuk dalam jalur produksi, pasar pertama yang akan dituju oleh mereka adalah Amerika Utara. Setelah itu, Honda dan Sony telah sepakat untuk mengekspor mobil pintar tersebut ke Jepang.

Melalui keterangan resminya, CEO Sony Honda Mobility, Yasuhide Mizuno, menjelaskan bahwa tujuan dari hadirnya mobil pintar tersebut bukanlah untuk diproduksi secara massal. Tetapi, ia menyebutkan bahwa nantinya produk ini akan menghadirkan produk yang bernilai tinggi.

Salah satu teknologi yang nantinya akan dipamerkan antara lain adalah otonom, augmentasi dan afinitas.

Entitas baru iniakan berfokus pada pengembangan perangkat lunak serta dapat menghasilkan dan menawarkan layanan berbasis langganan kepada pelanggannya.

Meski sampai saat ini mereka masih menyimpan rapat terkait informasi mobil pintar tersebut, namun nantinya kendaraan ini akan dibekali dengan beberapa teknologi Sony.

Adapun fitur unggulan tersebut antara lain adalah memberikan fitur hiburan dalam mobil, software berbasis cloud, serta ditanamkan sensor untuk dapat mengemudi secara otonom.

Dari klaim mereka, mobil ini mampu menjalankan otonom Level 3 di bawah skenario tertentu dan menawarkan Level 2+ dalam lebih banyak situasi termasuk mengemudi perkotaan.

3 dari 3 halaman

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS