Sukses

Rifat Sungkar Sebut Buku Rute AXCR 2022 Baru Diberikan 2 Jam Sebelum Balapan

Liputan6.com, Buriram - Tim Mitsubishi Ralliart siap mengarungi Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 dari Thailand ke Kamboja pada 21-26 November 2022. Dalam kejuaraan ini, pereli nasional Rifat Sungkar menjadi pembalap utama tim Mitsubishi Ralliart dengan didampingi Chupong Chaiwan asal Thailand sebagai Navigator.

Untuk diketahui, tim yang berada di bawah naungan Mitsubishi Motors Corporation itu akan bersaing di kategori Grup T1 (prototipe kendaraan lintas alam) dengan mengandalkan Mitsubishi Triton.

Saat dijumpai di dealer Mitsubishi Buriram, Thailand, Minggu (20/11/2022), Rifat Sungkar menyebut salah satu kunci utama dalam menjalani balapan reli Dakar versi Asia ini adalah navigator. Terlebih lagi, rute yang bakal dilalui baru diketahui jelang balapan.

"Kunci utama saya ada di navigator. Dan dia baru kasih tahu kalau dua jam sebelum start buku rute baru dibagikan. Jadi kita enggak ada yang tahu jalanannya mau ke mana," kata pria yang juga brand ambassador Mitsubishi Indonesia.

Jawara Indonesian Sprint Rally Championship itu menyebutkan, kecepatan bukan hal utama dalam melakoni balapan ini melainkan percaya pada navigator dan menjalaninya dengan penuh strategi.

"Jadi artinya, dalam balapan ini bukan bagaimana nyetir sekencang apa tapi bagaimana saya percaya dengan navigator yang mau nunjukin kita mau kemana. Menurut dia, kunci utama di balapan ini adalah jangan nyasar karena kemungkinan nyasar sangat terbuka," ujar Rifat.

Lebih lanjut suami Sissy Priscillia menyebutkan, tantangan lain dalam balapan ini adalah cuaca. Pasalnya, hujan yang mengguyur saat balapan pada 2019 membuat semua mobil peserta terjebak. "Itu lah kenapa hari ini saya latihan lagi ganti ban dan pelajari winch," imbuh Rifat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Dibimbing Off Roader Berpengalaman

Karena bakal melintasi berbagai medan off-road, termasuk menyeberangi sungai, ia pun menunjuk Julian Johan alias Jeje untuk menjadi tim advisor dirinya.

"Kenapa saya pilih Jeje karena dia orang yang sangat mengikuti perkembangan off road di Indonesia maupun dunia. Dia banyak memberikan masukan-masukan bagaimana off road adventure ini berjalan dan juga escape plan seperti apa," jelasnya. Salah satu contoh pelajaran yang diberikan Jeje adalah cara menarik winch yang berguna untuk mengefiensi tenaga dan waktu.

Sekadar informasi, balapan AXCR 2022 akan dimulai pada 21 November 2022. Di hari pertama kompetisi, peserta akan melakukan "pemanasan" melalui lintasan Special Stage (SS) serta melakoni seremoni pembukaan AXCR 2022 di Buriram, Thailand.

Baru pada 22 November 2022 berlangsung penuh hingga berakhir pada 26 November 2022 di Siem Reap, sebelah timur laut Kamboja.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS