Sukses

Toyota Innova Zenix Meluncur 21 November 2022, Inikah Wujud Aslinya?

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) akan secara resmi meluncurkan mobil keluarga terbarunya, Innova Zenix pekan depan, atau tepatnya 21 November 2022. Kepastian peluncuran mobil terbaru dari raksasa asal Jepang ini, berdasarkan undangan resmi yang masuk ke meja redaksi beberapa hari lalu.

Dalam keterangan yang tertulis di undangan, disebutkan jika model yang akan diluncurkan tersebut merupakan kendaraan listrik dan akan jadi yang pertama di dunia. Proses seremoni kehadiran Toyota Innova baru ini, akan dilakukan di salah satu hotel di bilangan Jakarta Pusat.

Innova dikabarkan akan mendapatkan perubahan total. Selain bodi baru, Innova beralih menjadi penggerak roda depan (FWD) dan kini tersedia varian hybrid, menggantikan opsi mesin diesel. Informasi di dunia maya menyebutkan bahwa mobil ini bakal menggunakan sasis Toyota New Global Architecture (TNGA).

Sebelum debut global di Indonesia pekan depan, wujud resmi mobil ini bocor di internet. Wujud baru Toyota Innova Hybrid bisa dilihat pada situs indiancarnews.com, diunggah Kamis (16/11/2022).

Situs tersebut memberikan gambaran lengkap Toyota Innova Hybrid, baik dari sisi depan hingga ke samping. Sementara bagian plat nomornya menunjukkan tulisan “Zenix”, yang menjadi nama resmi mobil ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tampilan

Toyota Innova Hybrid terbaru sekilas mempunyai tampilan serba tangguh dan ‘berisi’. Dibanding Innova reborn saat ini, desain Innova Hybrid terlihat lebih muscular.

Fascia depan menjadi lebih ramai dengan grill serba besar, lampu utama multi-reflector LED pipih, tarikan garis agresif yang memanjang dengan DRL LED segaris dan lampu kabut LED kecil diposisikan dekat underguard di bawah bumper.

Bentuk serba ‘kekar’ ini berlanjut ke sisi sampingnya, di mana Innova terbaru ini mempunyai fender roda lebih menonjol keluar. Sedangkan bentuk atap ke belakang sudah tidak lagi mengotak seperti model saat ini. Pelek yang digunakan mempunyai model kembang lima palang.

Salah satu fitur mewah yang dipastikan hadir adalah panoramic sunroof. Bagian ini terlihat dari teaser terbaru yang diunggah pada situs resmi toyota.astra.co.id.

Bagian dalam Innova hybrid terlihat terbuka melalui kaca besar di bagian atap. Sementara di sisi samping panoramic sunroof, Toyota juga menyematkan sepasang ambient lighting untuk meningkatkan nuansa premium.

Dari deretan produk Toyota di Indonesia saat ini, hanya Toyota Alphard dan Vellfire yang mempunyai panoramic sunroof. Sebelumnya Toyota Voxy sempat mendapatkan fitur ini, namun menghilang pada saat model terbarunya debut bulan Februari lalu.

3 dari 3 halaman

Pilihan Mesin

Toyota Innova terbaru dikabarkan akan tersedia dengan dua pilihan mesin, yakni bensin dan hybrid. Informasi detail terkait mesin masih terbatas, namun diduga kuat mempunyai kapasitas 2.000cc.

Meski belum dikonfirmasi langsung, kemungkinan besar jantung pacu yang akan digunakan kelak berasal dari seri mesin M20A yang ditemukan pada berbagai model baru Toyota secara global.

Versi bensin adalah M20A-FKS yang saat ini dipasangkan pada Voxy terbaru di Indonesia. Jeroan berkapasitas 2.000cc naturally arpirated ini menghasilkan output 170 PS dan torsi 202 Nm.

Sedangkan varian hybrid boleh jadi mengandalkan M20-FXS yang digunakan pada berbagai model hybrid Toyota di Eropa, seperti Corolla Cross Hybrid dan C-HR Hybrid.

Spesifikasinya bergantung pada pilihan penggerak roda. Penggerak roda depan (FWD) menghasilkan output 178 PS dengan torsi 202 Nm, sedangkan varian penggerak empat roda (4WD) menyemburkan tenaga 152 PS dan torsi puncak 190 Nm.

Sumber: Otosia.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS