Sukses

6 Ciri-Ciri Mobil Bekas yang Layak untuk Anda Bawa Pulang

Bagi Anda yang memiliki dana terbatas untuk membeli mobil. Tentu salah satu pilihan yang menggiurkan adalah mencari mobil bekas. Namun, dibutuhkan kesabaran ketika berburu mobkas agar tidak mendapatkan unit yang kurang sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang memiliki dana terbatas untuk membeli mobil. Tentu salah satu pilihan yang menggiurkan adalah mencari mobil bekas. Namun, dibutuhkan kesabaran ketika berburu mobkas agar tidak mendapatkan unit yang kurang sehat.

Oleh karena itu, menemukan mobkas yang tepat adalah jawabannya. Calon pembeli wajib mengenali karakter mobil sasaran, siapa penjualnya, berapa harganya dan bagaimana ciri-ciri fisik mobil itu layak dibeli atau tidak. Nah, sebelum membeli mobil idamanmu, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut agar tidak terjerumus pada pilihan yang salah, seperti dirangkum dari laman mobbi.id.

1. Semua fitur berfungsi dengan baik

Sebelum membeli mobil bekas atau seken, pastikan semua fitur mobil seperti lampu, AC, dan berbagai fitur lainnya berfungsi dengan normal. Apabila fitur tersebut masih bagus, maka bisa dibilang mobil layak untuk kamu beli.

Tapi bila saja ditemukan kerusakan pada beberapa fiturnya, ada baiknya jangan membeli mobil tersebut karena kamu akan mengeluarkan biaya lagi untuk reparasi.

2. Pastikan tidak lecet atau penyok

Ciri dari mobil bekas layak pakai berikutnya bisa dilihat dari bodi mobil. Apabila bodi mobil bagus dan tidak ada lecet atau penyok, berarti mobil tersebut tergolong “recommended”. Jika ditemukan lecet atau penyok, lebih baik cari unit lain.

Sebab, pembeli akan direpotkan dengan biaya tambahan yang tidak jarang membutuhkan ongkos cukup besar. Oleh karenanya, kamu harus sangat teliti saat mengecek bodi mobil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Suara mesin harus halus

Jangan lupa buka kap mesin dan hidupkan mesinnya. Atau bila perlu coba lakukan test drive. Dengan demikian, kamu bisa merasakan bila ada masalah pada mobil tersebut. Bila pada sekali start mobil langsung menyala, ada indikasi kuat mesin mobil masih dalam kondisi baik.

Apabila kamu membutuhkan waktu untuk menyalakannya, besar kemungkinan mobil tersebut memiliki masalah pada mesin. Ciri dari mobil bekas yang masih bagus pun bisa kamu lihat dari suara mesinnya yang halus, stabil dan tenang.

4. Kondisi mesin bersih

Ciri mobil seken yang masih layak beli selanjutnya yaitu kondisi mesin mobil masih bersih. Kamu bisa cek mesin mobil dan pastikan bersih atau tidak ada kerak sama sekali. Apabila tidak menemukan kerak, maka mobil masih dalam kondisi sangat bagus sebab pemilik sebelumnya merawatnya dengan baik.

5. Jarak tempuh normal

Ciri terakhir yang perlu kamu cek adalah jarak tempuh mobil harus normal, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Pemakaian mobil yang baik rata-rata pada jarak 16 ribu sampai 24 ribu km per tahunnya.

6. Terakhir pastikan penjualnya Bukan Abal-abal

Penjual mobil bekas sangat beragam, mulai dari individu, instansi, sampai platform digital. Temukan penjual yang valid dan unit benar-benar tersedia tanpa ada embel-embel barang masih di luar kota, surat-surat masih dipinjam atau minta uang muka duluan sedangkan mobil belum diketahui.

Surat-surat kendaraan pun harus lengkap. Cek kesesuaian dengan nomor rangka, nomor mesin dan pelat nomor. Kalau perlu jangan sungkan untuk menanyakan soal servis berkala, seberapa sering servis sampai apa saja yang pernah diganti atau direparasi.

Bila ingin melakukan transaksi pada platform jual mobil bekas, pastikan ia memiliki reputasi yang baik dan terpercaya.  

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.