Sukses

Terima Mobil Listrik, Begini Cara Kerja Bengkel Cat dan Perbaikan Bodi Milik Hyundai

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai BSD City yang baru diresmikan beberapa waktu lalu memiliki fasilitas 3S, yaitu Sales, Service, Spare Part, serta Body & Paint.

Khusus Area Body & Paint yang berada di lantai 3 dengan luas area 1.000 m2, dilengkapi fasilitas Oven Spray Booth dengan kapasitas 100 unit per bulan dengan rata-rata 4 panel per unit atau 400 panel per bulan. Keunggulan lainnya adalah bekerja sama dengan lebih dari 25 perusahaan asuransi dan layanan antar jemput perbaikan mobil dengan driver atau towing apabila diperlukan.

Bengkel Hyundai BSD City melayani perbaikan kerusakan mobil khususnya Body & Paint meliputi Body Repair yang memberikan perbaikan pasca tabrakan. Perbaikan ini menggunakan sistem Spot Welder untuk penarikan bagian body part yang rusak dan Celete Dozer untuk penarikan sasis atau bagian yang rusak.

Bagian Painting & Polishing bertugas mengecat dan merawat cat mobil yang dilengkapi Spray Booth dengan pemanas. Proses ini terdiri dari Pendempulan (bila diperlukan), Masking untuk untuk menutupi bagian yang tidak perlu dicat, Penyemprotan Primer Surfacer, Pencampuran Warna dan Pengecatan.

Reassembly berfungsi untuk melakukan pembongkaran dan pemasangan kembali komponen dan ornamen mobil. Perbaikan kendaraan pasca tabrakan atau kecelakaan seperti penyok, baret, perbaikan rangka/panel dan pengelasan. Terdiri dari proses Pembongkaran dan Pengetokan bodi kendaraan.

Setelah perbaikan selesai, mobil akan dicek oleh bagian Cleaning yang memastikan mobil bersih dan mengilap. Langkah terakhir Final Inspection untuk memastikan semua proses dari body repair dan pengecatan serta keseluruhan item berjalan baik maka dilakukan Final Inspection disesuaikan dengan check sheet. Setelah semua item diperiksa dan hasilnya sempurna, maka Service Advisor akan menghubungi pelanggan untuk penyerahan kendaraan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Perbaikan Mobil Listrik

Penanganan Perbaikan/Pengecatan Hyundai EV memiliki tahapan khusus. Yang pertama adalah Pengamanan Area serta melakukan pemutusan arus listrik dari sistem baterai untuk mencegah malfungsi (error). Setelah itu melakukan Proses persiapan cat sesuai SOP dan pemilihan Bahan Material khusus yang cepat kering (fast drying), dikarenakan kendaraan listrik tak boleh terlalu panas suhu oven spray booth dan tak boleh terlalu lama di dalam ruang oven.

Khusus warna doff atau matte setelah basecoat pada saat mau dilakukan penyemprotan clear coat dipilih tipe bahan yang sesuai dan yang terakhir proses polishing sesuai SOP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.